Jawa Pos

Minyak RI Lebih Dekat dengan Harga Dunia

Rata-Rata Agustus USD 41,11 Per Barel

-

JAKARTA – Kementeria­n ESDM telah menerapkan formula baru untuk menghitung harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ ICP). Dengan hitungan yang mempertimb­angkan harga minyak dunia itu, harga ICP dan Sumatera Light Crude (SLC) naik meski tipis.

Dirjen Migas Wiratmaja Puja kemarin menyatakan, tim harga minyak telah menghitung dan menghasilk­an angka USD 41,11 per barel untuk rara-rata harga Agustus. Itu naik USD 0,41 per barel dari Juli yang USD 40,70 per barel. ’’Naiknya tipis,’’ ujarnya.

Sementara itu, rata-rata SLC adalah USD 41,75 per barel. Harga tersebut naik USD 0,98 per barel jika dibandingk­an dengan harga Juli USD 40,77 per barel. Meski naik tipis, harga itu dianggap sudah sejalan

MALANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy resmi membuka Pekan Budaya Indonesia (PBI) 2016 di Pendapa Kabupaten Malang, Kantor Bupati Malang, kemarin (2/9). Acara tersebut dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Malang Rendra Kresna, Wali Kota Malang Mochamad Anton, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, serta anggota Komisi X DPR dari daerah pemilihan Malang Raya Ridwan Hisjam dan Lathifah Shohib.

Ada yang spesial dari acara pembukaan tahun ini. Sebab, Mendikbud beserta jajaran ikut mementaska­n pertunjuka­n Ketoprak Humor Babad Singasari. Lewat lakon besutan sutradara Teguh Kenthus Ampiranto itu, Muhadjir dipercaya untuk memerankan tokoh Dewa Brahma. Gubernur Jawa Timur didapuk untuk melakonkan Pendeta Lohgawe. Sedangkan bupati Malang menjadi tumenggung Kanjuruhan, wali kota Malang menjadi tumenggung Malang, dan wali kota Batu menjadi tumenggung Batu. Cerita menjadi semakin seru dengan kehadiran tokoh antagonis Tunggul Ametung yang diperankan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbu­d Hilmar Farid.

Di sela-sela pertunjuka­n, Hilmar Farid mengatakan bahwa PBI 2016 menjadi poros untuk memberikan penghargaa­n dan apresiasi terhadap ketoprak, bentuk kesenian tradisiona­l yang sudah berusia panjang. ”Kami dan jajaran Kemendikbu­d mengantar kembali kegiatan seni dan budaya yang saat ini sudah lama diabaikan, ditinggalk­an, dan diasingkan,” katanya.

Mendikbud Muhadjir Effendy pada kesempatan yang sama menyampaik­an keinginan untuk menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi kebudayaan. Menurut dia, bangsa yang berbudaya adalah bangsa yang berkepriba­dian dalam berbudaya serta menjunjung kearifan lokal. Semua itu ada dalam masyarakat dan telah men- dengan perkembang­an harga minyak mentah di pasar internasio­nal.

Ditjen Migas mencatat beberapa faktor yang membuat harga acuan tersebut naik. Misalnya, IEA (Internatio­nal Energy Agency) dan OPEC (Organizati­on of the Petroleum Exporting Countries), kartel pedagang minyak yang dipimpin Arab Saudi, yang menyebut adanya kenaikan permintaan minyak global. Yakni, 0,08–0,2 juta barel per hari. jadi nilai luhur bangsa Indonesia. ”Kami bertekad agar semua lembaga pendidikan harus dipayungi budaya. Karena itu, ajak budayawan seluruh Jawa Timur, mari ramai-ramai kembali datangi sekolah, mengenalka­n kepada siswa budaya luhur bangsa yang dimiliki,” tegas Muhadjir.

Selain itu, Mendikbud mengingink­an siswa mengikuti lebih banyak aktivitas budaya dan tidak hanya belajar di kelas. ”Sekolah yang menggembir­akan itu jika siswa menjadikan sekolah rumah kedua. Jika itu terwujud, saya yakin kita membawa bangsa menuju kejayaan, menjadi insan berbudaya,” tutur dia.

Sebelum acara pembukaan PBI 2016, di Taman Krida Budaya digelar pameran permainan tradisiona­l yang dibantu oleh Komunitas Hong, Bandung. Pameran itu diikuti sekitar 600 siswa sekolah dasar di Malang. Semua siswa sangat antusias untuk menjajal beragam permainan. Dengan berkelompo­k, mereka mengunjung­i delapan pos permainan. Tiap kelompok pun berlomba mengumpulk­an poin terbanyak untuk mendapatka­n hadiah yang telah disiapkan.

Rangkaian PBI 2016 masih akan digelar hingga Senin (5/9). Untuk jadwal hari ini, pengunjung dapat menikmati pentas dongeng dan cerita rakyat. Juga bisa mengikuti workshop mozaik rempah ketumbar, workshop membuat kerajinan dari janur, talk show budaya bahari, workshop membatik, lomba mewarnai dengan bahan pewarna rempah, dan storytelli­ng di Taman Krida Budaya.

Sementara itu, di Lapangan Kanjuruhan akan digelar panggung musik. The Rollies, RI1 feat AmirRoez, Bangkit Sanjaya, dan Burgerkill akan unjuk kebolehan. Selain itu, di Universita­s Negeri Malang dan Alun-Alun Kota Malang akan ada pemutaran film bersejarah dan mobil bioskop keliling. (tih/c11/aan)

’’Kalau EIA (Energy Informatio­n Administra­tion) menyebut ada respons dari stok gasolin AS selama Agustus yang turun 6,2 juta barel,’’ tuturnya. Faktor lainnya adalah respons positif pasar atas rencana pertemuan negara-negara OPEC pada bulan ini untuk membahas langkah-langkah menstabilk­an harga minyak mentah. (dim/c5/sof)

– Rencana Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan untuk memberikan relaksasi ekspor mineral perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab, usulan dalam rapat dengan Komisi VII DPR itu direspons negatif oleh perusahaan yang kerja keras membangun pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter.

Kepada Jawa Pos, Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) Jonatan Handojo mengaku pernah menyampaik­an ketegasan pemerintah tentang larangan ekspor sejak Luhut menjadi Menko Polhukam. Apalagi, BKPM menyampaik­an bahwa sambutan investor atas smelter luar biasa.

’’Sejak 2012–2016, ada 27 smelter dengan investasi USD 12 miliar (Rp 156 triliun, Red),’’ ungkapnya. Diduga, kabar baik tersebut tidak sampai kepada Luhut saat menjadi Plt Menteri ESDM. Di sisi lain, lanjut dia, data di Dirjen Minerba kurang mutakhir.

Dia membantah bahwa pembanguna­n smelter tidak maju-maju. Lalu, dia memberikan contoh bahwa 20 smelter dari komoditas nikel siap. Beberapa yang masih melakukan pembanguna­n juga mendatangk­an peralatan dan alat berat di lokasi. Jadi, berdasar segi investasi, perkembang­an sudah mumpuni. Dasar larangan ekspor: UU 4/2009 tentang Mineral dan Batu Bara. Mengatur ekspor bahan tambang yang belum dimurnikan dan larangan mengekspor bahan tambang mentah mulai Januari 2014. Dasar relaksasi: Permen ESDM 1/2014. Relaksasi bagi yang menunjukka­n keseriusan membangun smelter hanya berlaku tiga tahun atau sampai Januari 2017. Jumlah smelter saat ini: 27 smelter Investasi yang terserap: Rp 156 triliun Perusahaan yang berniat membangun smelter: 250 pemegang IUP

’’Perkembang­annya saat ini jauh berbeda dengan dulu,’’ tuturnya. Minggu depan AP3I berencana bertemu Luhut.

Bagaimana jika Kementeria­n ESDM tetap ngotot memberikan relaksasi lebih dari 2017? Dia menyebut ada dua kerugian di depan mata. Pertama, kredit perbankan macet. Sebab, untuk membangun smelter, perusahaan meminjam dana. ’’Kredit macet. Bank tidak bisa tidur,’’ ungkapnya.

Ucapannya bukan gertak sambal. Sebab, dibutuhkan bahan baku untuk menjalanka­n pabrik pemurnian. Jika pemerintah tidak pro hilirisasi dengan mengizinka­n ekspor, smelter kekurangan bahan baku. ’’ Yang kedua adalah

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia