Jawa Pos

Mulai Coklit Data Pemilih

-

JAKPUS – Satu per satu tahapan menuju Pilgub DKI 2017 terus dipersiapk­an. Yang paling dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI akan melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

KPU harus memastikan, petugas pemutakhir­an data pemilih ( PPDP) melakukan sinkronisa­si secara detail terhadap 8,2 juta data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Sebab, hasil coklit akan dijadikan acuan daftar pemilih sementara (DPS) oleh KPU. Selanjutny­a, data itu digunakan untuk memetakan tempat pemungutan suara ( TPS) beserta logistik pilgub. Data pemilih yang tidak akurat akan rawan penyimpang­an dan berpengaru­h terhadap hasil pilgub.

Komisioner KPU DKI Sidik Sabrik menyatakan, coklit akan dilakukan serentak di seluruh Jakarta pada 8 September hingga 7 Oktober 2016. Pendataan pemilih dilakukan by name by address berdasar DP4. Karena itu, pendataan membutuhka­n ketelitian dari para petugas.

’’Jika salah mendata nomor induk kependuduk­an (NIK) atau apa pun, akan berpengaru­h pada penetapan DPS, daftar pemilih tetap (DPT), dan TPS,’’ kata Sidik di Jakarta kemarin (2/9).

Nanti, coklit hanya memuat perubahan data pada tiga item. Pertama, pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti TNI/ Polri, meninggal dunia, pindah domisili, belum cukup umur, tidak dikenal, ganda, dan sakit jiwa. Kedua, perubahan data akibat perbaikan. Ketiga, penambahan pemilih baru. ”Jadi, coklit harus benar-benar menyasar ke tiga komponen itu,” ujar Sidik.

PPDP harus mobile dan teliti dalam meng- input data. Sebab, lanjut dia, data tersebut akan dijadikan sumber utama KPU DKI dalam mengoperas­ikan sistem informasi data pemilih (Sidalih).

Secara terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Mimah Susanti menyatakan, sebagai pengawas pemilu, pihaknya akan menerjunka­n ratusan relawan untuk melakukan coklit. Sebab, hasil coklit akan dijadikan acuan DPS dan pemetaan TPS. ’’KPU DKI juga harus transparan hasilnya nanti. Data Pilgub DKI 2017 harus baik,’’ terangnya. ( riz/c5/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia