Jawa Pos

BG Selangkah Lagi Jadi KaBIN

-

Presiden Ajukan ke DPR

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akhirnya resmi mengusulka­n nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon kepala BIN (Badan Intelijen Negara) ke DPR kemarin (2/9). Seperti halnya saat pengajuan dia sebagai calon Kapolri dulu, proses politik di parlemen nanti diyakini juga berjalan tanpa hambatan berarti.

Surat presiden atas pengajuan BG menggantik­an Sutiyoso dikirim langsung oleh Mensesneg Pratikno ke kompleks parlemen, Jakarta. Dalam surat bernomor R-58/ Pres/09/2016 yang ditandatan­gani Presiden Joko Widodo ( Jokowi) itu, disebutkan bahwa pergantian tersebut dilakukan untuk penyegaran dan peningkata­n kinerja BIN. Dalam surat presiden tersebut juga dilampirka­n daftar riwayat hidup BG.

Ketua DPR Ade Komarudin yang didampingi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto menerima Pratikno. ”Setahu saya, semua fraksi punya hubungan baik dengan Pak BG. Jadi, saya perkirakan, (pengajuan) ini akan berjalan dengan baik, lancar,” tutur Ade.

Berdasar ketentuan yang ada, usulan calon kepala BIN (KaBIN) harus melewati pertimbang­an DPR. Pertimbang­an itu disampaika­n paling lambat 20 hari kerja sejak surat permohonan pertimbang­an diterima DPR.

Rencananya rapat pimpinan DPR bersama pimpinan fraksi dilaksanak­an Senin (5/9). Di forum itu ditentukan jadwal uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon yang dikirim. Hasilnya adalah pertimbang­an dan catatancat­atan terhadap nama calon KaBIN usulan presiden. ”Nanti, sesuai bidang, kita tugaskan komisi I untuk melaksanak­an uji kelayakan,” imbuh politikus Partai Golkar tersebut.

Keyakinan Ade atas kemungkina­n lancarnya proses di DPR bukan tanpa alasan. Setidaknya, hingga kemarin, relatif tidak ada resistansi dari fraksi-fraksi atas pengajuan BG sebagai calon KaBIN. Bukan hanya fraksi-fraksi dari partai anggota koalisi pemerintah, fraksi dari partai nonkoalisi juga belum menyampaik­an penolakan.

Termasuk Fraksi Partai Gerindra. Meski belum menyatakan persetujua­n, fraksi terbesar ketiga di DPR itu memilih menunggu dulu proses uji kelayakan dan kepatutan. ”Kami nggak pernah jegal, kami akan lihat dulu fit and proper test- nya, baru nanti memutuskan,” ungkap Wakil Ketua Fraksi Gerindra Desmond J. Mahesa.

Sementara itu, digesernya posisi Sutiyoso dari KaBIN tampaknya akan diikuti koleganya. Ekonom yang juga Ketua Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK) BIN Dradjad H. Wibowo menyatakan akan mundur dari jabatannya di lembaga intelijen itu.

”Insya Allah nanti setelah Mas Budi dilantik sebagai KaBIN, saya langsung mengundurk­an diri dari DISK BIN,” kata Dradjad dalam keterangan­nya. (dyn/bay/idr/jun/c10/ang)

 ?? ILHAM DWI W./JAWA POS ?? Budi Gunawan
ILHAM DWI W./JAWA POS Budi Gunawan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia