Jawa Pos

Tampil Loyo, Martinez Kena Boo

0 Belgia vs Spanyol 2

-

BRUSSEL Bukan hanya Italia yang kecewa dengan kinerja pelatih barunya. Belgia merasakan hal yang sama. Bahkan, luapan kekecewaan yang dilontarka­n pendukung Belgia kepada Roberto Martinez jauh lebih sadis. Pelatih yang menggantik­an posisi Marc Wilmots itu kena boo sepanjang pertanding­an.

Teriakan bernada ejekan itu muncul lantaran Martinez menorehkan hasil buruk pada laga perdananya kemarin. Belgia dipaksa menyerah 0-2 (0-1) oleh Spanyol. Padahal, di laga kemarin Belgia bertindak sebagai tuan rumah. Dua gol Spanyol diborong David Silva. Satu gol dicetak pada menit ke-34 dan satu gol lagi tercipta dari penalti menit ke-62.

Nah, seperti Giampiero Ventura, Martinez juga berkilah bahwa persiapan yang mepet membuat timnya kalah. Anda tidak bisa mengharapk­an perubahan besar hanya dalam tiga hari. Hasil ini (kemarin dini hari, Red) tidak berarti apaapa,” kilah Martinez kepada Mirror. Yang terpenting, saya ingin melihat pemain bangga mengenakan jersey timnas terlebih dahulu,” ujar eks pelatih Everton tersebut.

Namun, alasan itu tak bisa diterima oleh pendukung Belgia. Sebab, secara permainan, Belgia memang tak menunjukka­n gereget. Bahkan, permainan Belgia pada era Martinez jauh lebih payah. Selain itu, pemilihan pemain oleh Martinez disinyalir menjadi faktor melempemny­a Belgia.

Divock Origi lebih dipilih Martinez sebagai ujung tombak ketimbang Romelu Lukaku. Siapa pun mengetahui bahwa performa Lukaku lebih moncer ketimbang bomber Liverpool tersebut. Tetapi, sentimen pribadi Martinez dan Lukaku menjadi faktornya. Penyerang jangkung tersebut bahkan baru masuk untuk menggantik­an Origi pada menit ke-67 atau saat Belgia sudah tertinggal 0-2.

Pertanding­an ini menunjukka­n bahwa kami harus berbenah banyak,” kelit Martinez. Terkadang Anda bermain di laga persahabat­an yang minim informasi tentang lawan. Tetapi, ini berbeda. Pemain terbaik kami semuanya ada di sini, semua orang tahu itu. Kami harus segera memperbaik­i kinerja sebelum bersua Siprus,” lanjut pelatih 43 tahun tersebut. (io/c11/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia