Jawa Pos

Simpan Tenaga buat Hari Ini

-

URDAX – Saat pembalap Lampre-Merida Valeria Conti melindas garis finis dan memenangi etape ke-13 Vuelta a Espana, peloton jersey merah yang berisi rider-rider favorit tertinggal jauh. Jaraknya hampir 34 menit di belakang. Tidak ada di antara mereka yang berusaha mengejar ketertingg­alan.

Conti merengkuh kemenangan etape grand tour- nya kali pertama. Hasil hebat tersebut diraih berkat keberanian­nya melakukan breakaway dini sejak 30 kilometer terakhir. Jaraknya dengan chaser nyaris satu menit. Conti menyelesai­kan balapan sepanjang 213,4 kilometer itu dengan catatan waktu 5 jam 29 menit 4 detik.

’’Saya tahu rombongan breakaway akan mudah melaju di depan karena kami menciptaka­n jarak yang sangat lebar,’’ ucap pembalap Italia itu sebagaiman­a dilansir Cycling News. ’’Saya memutuskan untuk melarikan diri dan keputusank­u itu tepat,’’ tandasnya.

Conti mengatakan tidak memiliki feeling yang bagus di awal lomba. Setelah balapan berjalan, situasinya menjadi lebih baik. ’’Lalu, aku mengambil kesempatan di akhir lomba,’’ ujarnya.

Keseruan justru terjadi dalam perebutan podium kedua. Empat pembalap terlibat dalam adu sprint menjelang garis finis. Mereka adalah Danilo Wyss (BMC), Sergey Lagutin (Katusha), Michael Gogl (Tinkoff), dan Vergard Stake Laengen (IAM).

Laengen melakukan attack lebih awal sekitar 700 meter terakhir. Namun, usahanya itu terbukti salah. Lagutin dan Wyss dengan mudah melibas dia pada 300 meter terakhir. Akhirnya Wyss tidak terbendung dan finis di urutan kedua. Peloton chaser melewati garis finis dengan selisih 54 detik dari Conti.

Rombongan peloton besar terkesan tidak ingin memaksakan balapan di etape ke-13. Mereka mencapai garis finis 34 me- nit di belakang Conti. Rupanya, para favorit juara tersebut sengaja menyimpan tenaga untuk balapan hari ini. Etape ke-14 sepanjang 195 kilometer dari Urdax menuju Aurbisque tersebut punya karakter menyiksa khas ’’gigi hiu’’. Terdapat empat tanjakan dengan puncak tertinggin­ya di akhir balapan. Balapan akan diakhiri dengan tanjakan hors categorie di Abisque Gourette. Melihat karakter menantang tersebut, sangat peluang akan terjadi perubahan besar di general classifica­tion. (cak/c4/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia