Jawa Pos

Potensi Kejutan Lagi

- TIM KEETON/EPA

SILVERSTON­E – Tidak ada nama pembalap Honda dan Yamaha di puncak daftar pembalap tercepat pada dua sesi latihan MotoGP Inggris kemarin (2/9). Itu bukan kondisi normal yang biasa terjadi di banyak balapan sebelumnya. Latihan hari pertama di Sirkuit Silverston­e menjadi milik Suzuki dan Ducati.

Di sesi latihan pagi, rider Suzuki Ecstar Maverick Vinales menjadi yang tercepat. Catatan waktunya 2 menit 02,443 detik. Hanya rider Movistar Yamaha Jorge Lorenzo yang mampu mendekati catatan waktunya dengan selisih tipis 0,280 detik. Bintang Repsol Honda Marc Marquez membuntuti di posisi ketiga, namun dengan selisih lebih dari satu detik.

Dalam kondisi trek yang masih dingin di Silverston­e, Marquez mengalami kecelakaan saat kehilangan kendali di tikungan Farm (T12), 15 menit setelah sesi latihan pertama dimulai. Kondisinya baik-baik saja, meski harus mengganti motor di sisa seri latihan pagi.

Pada sesi latihan sore, giliran juara MotoGP Austria Andrea Iannone (Ducati) dengan meyakinkan memimpin daftar pembalap tercepat. Torehan lap terbaik Vinales di sesi pagi dengan cepat diungguli saat mencatat waktu 2 menit 02,312 detik. Raihan itu didapat saat FP 2 baru dibuka 10 menit.

Posisi tersebut terus bertahan. Lorenzo sempat menapaki posisi ketiga dengan mencatat 2 menit 02,743 detik. Di lima menit terakhir, giliran juara baru Cal Crutchlow (LCR-Honda) mengirimka­n kejutan dengan menggeser posisi Iannone dengan catatan 2 menit 02,046 detik. Pembalap Inggris tersebut kembali mengepras catatan waktunya menjadi 2 menit 01,917 detik.

Namun, lap terbaik itu segera digeser Vinales setelah memperbaik­i catatan waktunya menjadi 2 menit 01,721 detik. Posisi tersebut nyaris bertahan hingga penutupan sesi sebelum Iannone menggebrak dengan 2 menit 01,421 detik di lap terakhirny­a untuk mencapai posisi teratas. Selisihnya hanya 0,300 detik lebih cepat daripada Vinales. Crutchlow menjadi pembalap terakhir yang berada dalam jangkauan setengah detik dari Vinales.

Semua pembalap berfokus pada perubahan cuaca yang cepat sepanjang sesi latihan kemarin. Mereka terus dihantui hujan sejak sesi pagi. Mayoritas sesi berlangsun­g di bawah awan gelap dengan ancaman hujan. Trek sempat dibasahi hujan saat sesi latihan kelas Moto2 berlangsun­g. Kondisi tersebut tak terlalu berubah di sesi sore, meski hujan tak kunjung datang.

GP Inggris sudah identik dengan perubahan cuaca ekstrem. Dua tahun terakhir, hujan turun saat balapan berlangsun­g. Dengan fakta bahwa dua juara baru lahir musim ini dengan bantuan trek basah, Silverston­e kembali memberi peluang munculnya jawara anyar besok. (cak/c19/ady)

 ??  ?? KETAT: Aksi Andrea Iannone (Ducati) pada sesi latihan di Sirkuit Silverston­e kemarin. upgrade grid
KETAT: Aksi Andrea Iannone (Ducati) pada sesi latihan di Sirkuit Silverston­e kemarin. upgrade grid
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia