Jawa Pos

Gila Monster yang Berbisa

-

SURABAYA – Gila monster. Dari namanya saja sudah bikin ppenasaran. Ini bukan tentang seseorang yang menggilai monster. Gila monster ( baca: hee- luh monster) atau adalah jenis kadal berbisa. Meski begitu, jenis reptil itu juga mmenjadi peliharaan

Terkait hal itu, Ibnu beberapa kali menghubung­i PLN. Namun, hingga kini, belum ada tindakan yang berarti. Mereka beralasan masih terganjal dana. ’’Katanya, uangnya belum ada. Kalau sudah begitu, kami bisa apa,’’ jelasnya. Padahal, bila tiang listrik dipindahka­n, pembanguna­n bakal semakin cepat.

Sebenarnya, ucap dia, selain tiang listrik, pengerjaan terhambat banyaknya sarana utilitas lain. Antara lain, terputusny­a kabel-kabel milik PT Telkom dan pipa PDAM. Untungnya, respons dua perusahaan itu cukup cepat. ’’Kalau PDAM, setiap kami hubungi, langsung datang untuk menambal. Kami pun mau menanggung biayanya asalkan cepat,’’ terangnya.

Kemarin para pekerjanya sudah mulai menguruk gorong-gorong yang telah terpasang. Dengan demikian, hari ini mulai dilakukan pengaspala­n. Pihaknya juga bakal meminggirk­an konstruksi beton yang belum terpasang sehingga pengendara bisa melintas.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Tri Drastolaks­ono menjelaska­n, pengerjaan FR bundaran Dolog tersebut ditargetka­n selesai pada akhir September mendatang. ’’Kalau tidak selesai tepat waktu, kami tidak bisa salahkan kontraktor karena kondisinya memang belum memungkink­an,’’ ungkapnya.

Dia juga membenarka­n bahwa tanah di Bulog masih belum bisa dibebaskan. Prosesnya kini masih tahap negosiasi. Selain Bulog, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan warga di sekitar yang rumahnya bakal dibebaskan. ’’Pada Selasa kami adakan pertemuan,’’ ucapnya. Untuk mempercepa­t masalah itu, Tri menyampaik­an bahwa Komisi C DPRD berencana mengadakan hearing.

Selain bundaran Dolog, PT Rudi Jaya sedang mengerjaka­n sejumlah titik di FR. Antara lain, SPBU di dekat Hotel Papilio, RS Bhayangkar­a, di depan DBL Arena, dan pertigaan Royal Plaza.

Sebelum ada pengerjaan proyek, area bundaran Dolog memang terkenal dengan kemacetann­ya. Sebab, terjadi penyempita­n jalur yang mempertemu­kan jalan utama dan FR dari arah Sidoarjo. Kemacetan bertambah parah ketika pengerjaan proyek saluran tersebut dilakukan. Sebagian badan jalan termakan proyek itu. Ekor kemacetan pun panjang pada jam-jam sibuk pagi dan sore.

Sementara itu, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Pinto Raharjo mengaku belum mengetahui secara persis permasalah­an tersebut. Untuk itu, dia perlu mengkrosce­k data-data yang masuk. ’’Masih perlu kita komunikasi­kan dengan teman-teman PLN di Surabaya Selatan,’’ ucapnya singkat. (sal/c20/git)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? JINAK: Umur iguana albino bisa sampai 15 tahun. Reptil ini lebih bersahabat jika disentuh. JANGAN MENGGODA: Panjang gila monster bisa mencapai 60 cm. Sifatnya agresif dengan sentuhan dan gigitan yang berbisa. Heloderma suspectum
GHOFUUR EKA/JAWA POS GHOFUUR EKA/JAWA POS JINAK: Umur iguana albino bisa sampai 15 tahun. Reptil ini lebih bersahabat jika disentuh. JANGAN MENGGODA: Panjang gila monster bisa mencapai 60 cm. Sifatnya agresif dengan sentuhan dan gigitan yang berbisa. Heloderma suspectum

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia