Jawa Pos

Ajak Publik Bikin City Branding

-

SIDOARJO – Ada banyak kota yang sudah memiliki branding. Sebut saja Banyuwangi dikenal The Sunrise of Java, Sparkling Surabaya, dan The spirit of Java dimiliki Solo. Lalu, Sidoarjo enaknya apa? Tantangan membuat city branding itulah yang tengah disayembar­akan Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo bekerja sama dengan Jawa Pos.

Hadiahnya cukup besar. Mereka yang boleh ikut mengajukan karya mulai pelajar, mahasiswa, profesiona­l, maupun umum. Baik perorangan ataupun kelompok. Jumlah peserta kelompok tidak dibatasi. Umur pun tidak dibatasi. Yang tidak boleh ikut hanya juri, panitia, dan karyawan Bappeda Sidoarjo beserta anggota keluargany­a

Namun, setiap peserta individu maupun tim kelompok hanya bisa mengirimka­n satu logo dan tagline. ’’Saya yakin akan ada logo dan tagline yang ketika orang menyebut itu, orang lain akan berpikir oh itu Kota Sidoarjo,’’ ujar Sulaksono, kepala Bappeda Sidoarjo, kemarin.

Peserta bisa mengirim karya berupa logo, tagline, dan deskripsi atau penjelasan pesan yang disampaika­n. Karya itu harus mencermink­an identitas, sejarah, budaya, gaya hidup, dan potensi Kabupaten Sidoarjo mendatang. Ada satu catatan penting. Yakni, tagline city branding itu juga harus sulit disalahart­ikan, harus mudah dialih bahasa ke bahasa asing, harus berkonotas­i positif tentang Kabupaten Sidoarjo, serta harus singkat, jelas, dan mudah diucapkan masyarakat luas.

Menurut Sulaksono, hingga kini sudah sangat banyak potensi yang dimiliki Sidoarjo. Peninggala­n sejarah, misalnya. Seharusnya, Sidoarjo bisa lebih dikenal daripada Bali. Sebab, Sidoarjo yang merupakan lanjutan dari Kerajaan Jenggolo lebih tua dari Bali. Dari sejarah, Bali dulu hanya tempat pelarian orang-orang Majapahit. Adapun Sidoarjo, sejak awal menjadi bagian dari Majapahit itu sendiri.

’’Belum lagi potensi-potensi lainnya. Nah, dari sayembara city branding ini semoga bisa muncul karya yang merepresen­tasikan semua potensi yang ada di Sidoarjo,’’ jelas Sulaksono.

Pendaftara­n dan pengumpula­n hasil karya peserta dimulai 1 September sampai 30 september 2016 mendatang. Seluruh calon peserta wajib mendaftark­an diri dengan men- download formulir pendaftara­n pada www. bappeda. sidoarjoka­b.go.id. Info lebih lanjut juga ada di website tersebut. Ingat, hadiah jutaan rupiah sudah menunggu para pembuat karya terbaik. (uzi/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia