Jawa Pos

Pekerja Difabel Siap Berkarir di Perusahaan

Ikuti Seleksi Masuk Kerja

-

GRESIK – Pekerjaan dan karir men jadi impian semua orang. Kini 25 pencari kerja dari kalangan difabel di Kota Pudak siap merintis masa depan. Mereka diberi kesempatan meng ikuti seleksi kerja di perusahaan.

’’Saya sudah tanya satu per satu. Mereka semangat untuk bekerja,’’ ungkap Kabid Penempatan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik Kencono Subroto kemarin ( 2/ 9).

Dia menjelaska­n, total ada 11 lakilaki dan 14 perempuan yang siap melakoni dunia kerja. Sebagian besar difabel adalah penyandang tunarungu. Pada September ini, mereka menghadiri panggilan perusahaan untuk menjalani tes wawancara.

Menurut Kencono, sebenarnya tidak mudah membujuk para difabel untuk mau bekerja di sektor formal. Banyak yang minder karena kondisinya. Sebagian memilih untuk berwirausa­ha sendiri. Ada pula yang lebih nyaman dengan membantu orang tuanya. Misalnya, berwiraswa­sta atau cukup berada di rumah. ’’Kami berharap mereka terus bersemanga­t,’’ tutur Kencono.

Dia mengungkap­kan, jumlah difabel yang masuk seleksi ke perusahaan pada 2016 ini lebih banyak. Pada 2015, disnaker hanya memasukkan empat orang ke industri. Mereka kini sudah berkarya di beberapa perusahaan.

Kencono menyebutka­n, setiap difabel bakal menjalani masa percobaan kerja sekitar empat bulan. Mereka didampingi seorang guru. Setiap difabel juga akan dievaluasi setiap bulan.

Berdasar catatan disnaker, saat ini ada 14 orang difabel yang meniti karir di perusahaan. Mereka sukses dengan pekerjaann­ya. Perusahaan bahkan memuji kinerja mereka. Sebagian bahkan sudah bekerja lebih dari 7 tahun. (hen/c14/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia