Jawa Pos

Kebanjiran Turis, Jembatan Kaca Ditutup

-

BEIJING – Belum genap dua minggu menjadi jujukan wisatawan, Zhangjiaji­e Grand Canyon Glass Bridge ditutup. Jumat waktu setempat (2/9), jembatan kaca terpanjang di dunia itu tidak lagi dibuka untuk umum. Pengelola kawasan wisata Zhangjiaji­e National Forest Park yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO itu menyebut alasan teknis sebagai penyebab penutupan.

’’Saat ini sistem internal jembatan sedang di-upgrade,’’ terang pengelola kawasan wisata alam tersebut kepada Kantor Berita Xinhua.

Namun, pengelola tidak memberikan keterangan secara perinci tentang upgrade yang dimaksud. Hanya, sejak mulai buka, jembatan tersebut selalu kebanjiran pengunjung. Dalam keterangan tersebut, mereka juga tidak menyebutka­n hingga kapan jembatan unik itu ditutup untuk umum.

Setiap hari terdapat lebih dari 10.000 turis yang menyeberan­gi jembatan sepanjang 430 meter tersebut. Padahal, seharusnya jumlah maksimal turis hanya sekitar 8.000. Bukan hanya wisatawan domestik, banyak turis asing yang berkunjung ke tempat wisata di Provinsi Hunan, Tiongkok, tersebut. Ratarata mereka ingin merasakan sensasi berjalan di jembatan transparan tersebut.

Jembatan yang menghubung­kan dua bukit di kawasan Zhangjiaji­e National Forest Park itu memang tidak ada duanya. Menggantun­g sekitar 300 meter di atas permukaan tanah, jembatan itu menawarkan pemandanga­n indah di sisi kanan dan kiri. Yakni, jurang dan lembah berkabut serta pilar-pilar batu seperti yang terekam dalam film Avatar. Karena itu, tidak heran jika penutupan jembatan tersebut membuat kesal banyak orang.

Salah seorang wisatawan bahkan meluapkan kekesalann­ya di media sosial Weibo. Dia menganggap pihak pengelola telah melakukan penipuan. ’’Kalian menipu turis. Saya sudah berada di dalam kereta menuju Zhangjiaji­e. Saya tidak bisa membatalka­n begitu saja perjalanan yang sudah saya rencanakan cukup lama ini. Dan, saya juga tidak mungkin mendapatka­n refund,’’ keluhnya. (AFP/BBC/hep/c4/any)

 ?? AP PHOTO ?? BIKIN KECEWA: Baru dua pekan resmi beroperasi, Zhangjiaji­e Grand Canyon Glass Bridge ditutup dengan alasan teknis.
AP PHOTO BIKIN KECEWA: Baru dua pekan resmi beroperasi, Zhangjiaji­e Grand Canyon Glass Bridge ditutup dengan alasan teknis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia