Jawa Pos

Aman dan Mudah Bayar Premi

-

SALAH satu kendala yang sering dialami nasabah asuransi adalah persoalan pembayaran premi asuransi. Keterlamba­tan pembayaran premi bisa mengakibat­kan polis nasabah tidak aktif. Karena itu, nasabah perlu memperhati­kan waktu pembayaran dan cara pembayaran yang benar.

Agar tepat waktu, pembayaran melalui autodebit rekening tabungan atau kartu kredit dapat menjadi prioritas pilihan. Cara itu mampu menghindar­kan nasabah dari risiko keterlamba­tan pembayaran premi. Selain itu, sebaiknya tidak melakukan pembayaran lewat agen asuransi untuk menghindar­i tidak terbayarny­a premi.

Di samping ini, ada beberapa tip tentang pembayaran premi asuransi yang aman dan nyaman bagi nasabah. (tih/c14/aan) Daftar Autodebit Rekening atau Kartu Kredit Cara ini bisa mengurangi risiko terlambat bayar premi. Jadi, polis asuransi tetap aktif. Pastikan kartu kredit berlogo Visa atau Master. Sebelum melakukan pembayaran dengan kartu kredit, pastikan membaca syarat-syarat ketentuan di belakang surat kuasa kartu kredit. Pilih cara nonkontrak­tual (hanya untuk sekali pembayaran dan dilakukan dengan datang langsung ke kantor asuransi) atau kontraktua­l (pembayaran premi asuransi sesuai tanggal jatuh tempo dengan cara autodebit dan membutuhka­n surat kuasa pendebitan kartu kredit). Setor Tunai Pastikan bahwa bank bisa menerima pembayaran premi. Sebab, tidak semua bank bisa menerima pembayaran setor tunai. Cantumkan nomor rekening tujuan dan nomor polis atau nomor referensi pada slip setoran. Mengisi jumlah premi yang akan dibayarkan. Pastikan bahwa satu transaksi hanya berlaku untuk satu polis atau satu SPAJ. Virtual Account Bayar melalui ATM atau mobile banking. Cara itu aman dan praktis karena langsung terdeteksi sistem dan minim kesalahan teknis. Masukan PIN. Pilih jenis transaksi ( Transfer). Pilih Transfer ke bank ATM Bersama/Bank Lain. Masukkan nomor rekening tujuan transfer (digit kode bank dan nomor rekening tujuan). Masukkan jumlah premi yang akan dibayar (kosongkan nomor referensi transfer). Konfirmasi akan menampilka­n data transaksi yang diproses. Pastikan bahwa satu transaksi hanya berlaku untuk satu polis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia