Jawa Pos

Decofresh Mix One Warnai Jodipan

-

DULU Kampung Jodipan, Malang, lekat dengan image kumuh. Namun, kini kesan negatif sudah terkikis habis. Kini tampilan kampung yang berada di bantaran Sungai Brantas tersebut jauh lebih indah. Bahkan, kini Kampung Jodipan punya julukan baru: kampung warna-warni.

Perubahan drastis Kampung Jodipan tak lepas dari peran PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana). Lewat program corporate social responsibi­lity (CSR), perusahaan yang berdiri pada 1981 tersebut melakukan makeover pada Kampung Jodipan. Ide mempercant­ik Kampung Jodipan datang dari mahasiswa jurusan Komunikasi Universita­s Muhammadiy­ah Malang.

”Kami sering menyelengg­arakan program CSR. Tapi, kampung warna-warni ini merupakan kegiatan CSR Indana yang paling besar dan fenomenal,” ujar Vice President Indana Steven A. Sugiharto.

Belasan seniman anggota Komunitas Mural Turu Kene dari Malang serta beberapa pelukis, termasuk Sadikin Pard, diajak berkolabor­asi untuk menghias Kampung Jodipan. Dimulai pada awal Ramadan lalu, proses pengecatan rampung sebelum Lebaran. Setiap bangunan dilapisi cat dengan warna-warna cerah yang

eyecatchin­g. Tak hanya dinding, bahkan atap, pintu, dan jendela rumah warga pun ikut dipoles menjadi warna-warni.

Total terdapat 15 varian cat Decofresh dan Mix One dengan warna khas yang digunakan Indana untuk mengubah perwajahan Kampung Jodipan. Berkat sentuhan cat yang didonasika­n Indana, Kampung Jodipan kini menjadi salah satu jujukan wajib wisatawan yang datang ke Malang.

Usai menuntaska­n proyek CSR tersebut, Indana sudah berancang-ancang untuk mewarnai Kampung Kesatrian alias kampung 3D, tepat di seberang Kampung Jodipan. ”Sebutan kampung 3D muncul karena di kampung itu banyak pelukis 3D. Jadi, di sana akan ada banyak lukisan 3D yang menghiasi kampung,” tutur Steven.

Menurut Steven, hampir setiap tahun Indana menggebrak dengan berbagai program CSR-nya sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. ”Di antaranya, dengan mengadakan uklam tahes (mlaku tahes), pengecatan beberapa panti asuhan, tempat ibadah, sekolah, dan bakti sosial” ungkap Steven.

Indana juga memiliki kampung binaan, yaitu Kampung Hijau Decofresh Sukun dan Kampung Hijau Decofresh Purwantoro. Kedua kampung binaan tersebut akan perform dalam peresmian kampung 3D yang diadakan hari ini (4/9). ” Warga dua kampung binaan kami itu akan tampil pada peresmian kampung 3D,” kata Steven. (zul/ran)

 ??  ??
 ??  ?? PROYEK FENOMENAL: Indana menggunaka­n 15 macam cat untuk memoles perwajahan Kampung Jodipan. Kini kampung yang berada di bantaran Sungai Brantas tersebut menjadi jujukan wisata.
PROYEK FENOMENAL: Indana menggunaka­n 15 macam cat untuk memoles perwajahan Kampung Jodipan. Kini kampung yang berada di bantaran Sungai Brantas tersebut menjadi jujukan wisata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia