Jawa Pos

Uskup Baru Keuskupan Malang

-

TONGGAK kepemimpin­an keuskupan Malang resmi beralih ke pundak Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O Carm. Pria kelahiran 13 Juli 1955 tersebut ditahbiska­n pada Minggu (3/9) menjadi uskup yang membawahka­n sembilan wilayah dengan 30 paroki di Provinsi Jawa Timur. Romo Pid, sapaan akrab Mgr Henricus Pidyarto, menggantik­an Mgr Herman Joseph Sahadat Pandyoputr­o O Carm yang telah bertugas menjadi pemimpin keuskupan Malang selama 27 tahun.

Bertempat di Stadion Gajayana, penahbisan itu disaksikan lebih dari 15 ribu umat yang datang dari berbagai perwakilan paroki. Misa tahbisan tersebut dipimpin tiga uskup. Yakni, uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai penahbis utama, Mgr Vincentius Sutikno Wicaksono sebagai penahbis pertama, dan Mgr Antonius Subianto Bunjamin sebagai penahbis kedua.

Vincentius Jimmy selaku penanggung jawab divisi siaran pers panitia tahbisan tersebut menyatakan, latar belakang penahbisan itu adalah diperlukan­nya pemimpin baru Gereja Katolik Keuskupan Malang setelah uskup Pandoyoput­ro mengajukan pensiun. ’’Sesuai dengan hukum Katolik, uskup yang memasuki usia 75 tahun dapat mengirimka­n surat pengundura­n diri ke Tahta Suci Vatikan,’’ kata Jimmy.

Karena itu, misa tahbisan tersebut diawasi langsung oleh duta besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi. Pada Jumat, 2 September 2016, Antonio juga memimpin ibadah Salve Agung yang merupakan awal rangkaian acara penahbisan uskup Malang. ’’Ibadah Salve Agung itu merupakan ibadah khusus yang bertujuan memberkati atribut uskup,’’ ungkap Jimmy.

Dalam sambutanny­a, Mgr Antonio Guido yakin uskup baru tersebut telah dikenal baik oleh umat di Malang karena beliau adalah putra keuskupan Malang yang melaksanak­an tugas pelayanann­ya sebagai imam. (iik/c5/ano)

 ?? DARMONO/JAWA POS RADAR MALANG ?? GEMBALA UMAT: Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O Carm.
DARMONO/JAWA POS RADAR MALANG GEMBALA UMAT: Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O Carm.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia