Jawa Pos

Sabtu Pacar, Minggu buat Ibu

-

SELAIN mengurus bisnis, Haykal punya aktivitas rutin setiap Kamis malam. Dia membuat kelompok belajar untuk anak-anak di sekitar rumahnya. Kegiatan itu dimulai awal tahun ini. ’’Idenya dari mama. Mama ultah tanggal 5 Januari, saya tanggal 6. Mama bilang, kita ajak anakanak di sekitar belajar yuk,’’ cerita Haykal mengenang.

Ada sekitar 30 anak mulai usia SD sampai SMA yang ikut kelompok belajar Haykal. Dia mengajar bahasa Inggris. Rifqa, sang adik, juga membantu. Pernah suatu ketika aktor Toba Dreams (2015) itu merasa lelah. Terlalu sibuk dengan pekerjaan dan terpikir untuk menghentik­an sementara aktivitas belajar itu.

Lantas, salah seorang anak curhat kepadanya. ’’Kak, tahu nggak? Si Tari itu jarang mau belajar. Dia cuman mau belajar kalau sama Kak Haykal,’’ katanya menirukan ucapan salah seorang murid. Perkataan itu membuatnya luluh. ’’ Nggak jadi break. Saya terusin sampai sekarang,’’ ujarnya.

Berbisnis, bikin vlog, mengajar. Kapan pacaran? Sudah tiga tahun ini Haykal berpacaran dengan Tantri Namirah, fashion designer dan fashion stylist. ’’Sabtu bareng Nay,’’ kata Haykal tersenyum menyebut panggilan sang kekasih.

Dia sudah membuat komitmen dengan Nay. Senin–Jumat konsentras­i bekerja. ’’Saya nggak bisa tiap hari jemput,’’ ucapnya. Sabtu jadi waktu yang pas untuk dia dan Nay. Pergi bareng atau mengobrol dengan keluarga sang pacar.

Nah, Minggu giliran full untuk keluarga. Yang utama, menemani mama. ’’Kemarin mama minta ditemenin ke acara reuni. Dari pagi jam 10 sampai 6 sore,’’ tuturnya. ’’Buat aku, kalau bisa meluangkan waktu untuk pacar, untuk mama juga harus bisa dong,’’ ucap Haykal. Wuaa, sweet ya...

Beruntung, sang pacar asyik-asyik saja dengan prinsip Haykal. Mereka malah saling mendukung dan makin kompak. Awalnya Nay ikut membantu membuat desain untuk Meccanism sampai akhirnya percaya diri mengeluark­an brand sendiri, Namirah The Label. Sama-sama bergelut di bisnis fashion, obrolan pasangan yang hobi nonton ini pun tak jarang berkisar tentang tren busana. ’’Mulai bahan, warna, sampai cutting- nya,’’ kata Haykal, kembali mengeluark­an tawa lucunya. (nor/c17/na)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia