Jawa Pos

Belajar Statistik Itu Penting

-

FOKUS Honda DBL Camp 2016 buka hanya kepada pemain. Para pelatih terpilih yang berjumlah 52 orang juga turut mendapat kesempatan menambah ilmu mengenai kepelatiha­n dalam basket.

Salah satu ilmu baru yang didapat para pelatih dari 25 kota di Indonesia itu statistik. Sejatinya basket tidak hanya tentang pertunjuka­n di lapangan. Data-data dari hasil per tandingan yang terangkum dalam statistik juga sangat penting.

’’Untuk menganalis­is performa individu dan tim, data statistik bisa dijadikan acuan bagi para pelatih,’’ ujar Didit Pamungkas, basketball operations supervisor PT DBL Indonesia, yang mengisi kelas materi statistik kemarin.

Jika seorang pelatih bisa membaca data statistik dalam per tandingan, imbuh Didit, timnya akan mendapat keuntungan. Coach bisa melihat bagaimana performa timnya dan lawan. Apa kelemahan. Apa kelebihann­ya.

Didit juga memaparkan, ada empat aspek dasar dari statistik pertanding­an yang harus dilihat dan sebisa mungkin dikontrol dari sebuah tim. Empat aspek tersebut ialah mengurangi turnover, mengoptima­lkan rebound, persentase

field goal, dan juga free throw. ’’Sering kali suatu tim bisa kalah karena tidak bisa memaksimal­kan free

throw. Padahal, free throw sangat penting,’’ katanya.

Salah seorang pelatih peserta DBL Camp 2016 Dewanta Aji menya ta kan, materi statistik yang diperoleh ke marin menjadi bekal positif saat dirinya kembali ke sekolahnya.

Sebab, lanjut dia, hasil sebuah per tandingan memang dapat dipengaruh­i statistik para pemainnya. ’’Memang betul. Kalau statistik field goal, free throw, dan rebound tim kami bagus, biasanya kami menang,’’ imbuh pelatih SMA Internasio­nal Budi Mulia Dua Jogjakarta itu.

Selain itu, ujar Aji, dari statistik pertanding­an, sebenarnya seorang pelatih bisa melakukan evaluasi pada timnya. Dengan begitu, kekurangan yang ada dapat segera di benahi. ’’ Tapi, memang kami ju ga harus rajin dan secara periodik mencatat serta mem per hitungkan detail data itu,’’ imbuhnya. ( raz/ c4/ nur)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SERIUS: Legenda basket Australia Andrew Vlahov memberikan materi fitness di hari pertama Honda DBL Camp 2016.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SERIUS: Legenda basket Australia Andrew Vlahov memberikan materi fitness di hari pertama Honda DBL Camp 2016.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? PENDALAMAN MATERI: Basketball Operations Supervisor PT DBL Indonesia Didit Pamungkas berdiskusi tentang statistik dengan para pelatih Honda DBL Camp 2016.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PENDALAMAN MATERI: Basketball Operations Supervisor PT DBL Indonesia Didit Pamungkas berdiskusi tentang statistik dengan para pelatih Honda DBL Camp 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia