Jawa Pos

Peluang Rossi Menang Lagi

Crutchlow Raih Pole di Kandang

-

SILVERTONE – Prediksi banyak pihak tentang cuaca tidak menentu di Sirkuit Silvertone menjadi kenyataan. Hujan lebat di sesi kualifikas­i pertama cukup menggenang­i permukaan trek dan mengakibat­kan banyak tragedi. Dalam situasi sulit tersebut, pemenang MotoGP Ceko dua pekan lalu, Cal Crutchlow, sukses meraih pole position kali kedua sepanjang karirnya di kelas premium.

Tampil di kandang, Crutchlow mendapat suntikan kepercayaa­n diri penuh setelah memenangi balapan MotoGP pertamanya. Di grand stand Sikuit Silverston­e, sejumlah bendera bertulisan angka 35 sebagai nomor start pembalap 30 tahun tersebut tampak berkibar.

Catatan waktu terbaik dia 2 menit 19,265 detik tidak mampu dikalahkan rider lain. Itu menjadi pole position perdana pembalap tuan rumah di MotoGP Inggris sejak 39 tahun lalu. Catatan tersebut menyamai torehan Barry Sheene pada 1977. Pole tersebut juga menjadi yang ketiga dalam karir balap profesiona­l Crutchlow dan yang kedua di MotoGP sejak Brno 2013.

Menemani Cruthclow di barisan terdepan, juara MotoGP Inggris musim lalu Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dengan torehan 2 menit 20,263 detik atau nyaris satu detik di belakang Crutchlow. Disusul rider Suzuki Ecstar Maverick Vinales dengan interval 1,249 detik.

Hujan selalu menawarkan tantangan bagi semua rider. Sedikit kesalahan bisa berakibat fatal. Empat rider kelas premium, termasuk pimpinan klasemen saat ini Marc Marquez (Repsol Honda), merasakan dampaknya kemarin. Karena memaksakan kecepatan pada kondisi sulit, mereka mengalami kecelakaan cukup parah.

Mereka adalah Marquez, Jack Miller (Mark VDS-Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Eugene Laverty (Aspar-Ducati). Marquez dan Laverty, dari catatan waktunya, tampak mengalami kemajuan di sektor tertentu sebelum tumbang karena motornya kehilangan kendali. (cak/c4/ady)

 ?? OLI SCARFF/AFP PHOTO ?? TUAN RUMAH: Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow melibas tikungan dalam kondisi tergenang air pada sesi kualifikas­i kemarin.
OLI SCARFF/AFP PHOTO TUAN RUMAH: Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow melibas tikungan dalam kondisi tergenang air pada sesi kualifikas­i kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia