Jawa Pos

Head-to-Head QuintanaFr­oome Mendebarka­n

Gesink Menangi Etape Ke-14

-

COL D’AUBISQUE – Etape pegunungan dengan tanjakan terjal terbukti ampuh menyuguhka­n persaingan yang ketat pada etape ke-14 Vuelta a Espana. Tanjakan hors categorie (HC) di Col d’Aubisque menjadi ajang kompetisi ketat antara dua pemburu puncak general classifica­tion (GC) Nairo Quintana (Movistar) dan Chris Froome (Team Sky).

Kurang dari 7 kilometer (km) terakhir, mereka masih tenang di dalam peloton. Tak lama kemudian, Quintana mencoba melepaskan diri dengan diikuti jagoan tuan rumah Alberto Contador (Tinkoff ). Froome ikut berinisiat­if mengejar Quintana. Peloton GC pun tak kembali berkumpul.

Persaingan kian menarik pada 3 km terakhir. Contador tercecer. Quintana dan Froome terlibat persaingan head-to-head. Sambil saling intip kekuatan pesaing, Quintana dan Froome merapatkan jarak dengan grup pertama yang diisi tiga pembalap, Robert Gesink (LottoNlJum­bo), Egor Silin (Katusha), dan Kenny Elissonde (FDJ). Dari sekitar 4 menit menjadi kurang dari 2 menit.

Di depan, Gesink akhirnya memenangi persaingan. Dia menyelesai­kan etape berjarak tempuh 196,1 km tersebut dengan catatan waktu 5 jam 43 menit 24 detik. Berturut-turut di belakangny­a menyusul Elis- sonde dan Silin.

” Keputusan untuk mengejar rombongan breakaway di awal lomba saya kira menjadi kunci keseluruha­n dari kemenangan ini,” kata Gesink.

Persaingan ketat antara Quintana dan Froome sejatinya berlangsun­g hingga finis. Quintana berinisiat­if mengambil jarak pada 100 meter terakhir. Froome meresponsn­ya de ngan ba ik meski tertinggal beberapa me ter saja saat melin tasi garis finis.

Hasil tersebut tak memberikan perubahan berarti di daftar atas GC. Quintana tetap akan mengenakan jersey merah pada etape ke-15 hari ini. Froome pun menjaga jarak dari Quintana dengan hanya terpaut 54 detik.( cak/c11/ady)

 ?? GAIZKA IROZ/AFP PHOTO ?? TEMPEL KETAT: Dua pembalap Movistar Nairo Quintana (kiri) dan Alejandro Valverde di peloton. Chris Froome juga berada di grup yang sama.
GAIZKA IROZ/AFP PHOTO TEMPEL KETAT: Dua pembalap Movistar Nairo Quintana (kiri) dan Alejandro Valverde di peloton. Chris Froome juga berada di grup yang sama.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia