Jawa Pos

Harus Bersabar Tunggu Aliran Air

Proyek Rumah Pompa Belum Beres

-

SURABAYA – Operasiona­l rumah pompa dan reservoir PDAM di Kelurahan Osowilango­n, Benowo, tampaknya masih akan tertunda karena proyeknya belum rampung. Padahal, fasilitas itu akan menuntaska­n problem kurangnya pasokan air ke beberapa kelurahan di Surabaya Barat seperti Romokalisa­ri dan Sememi. Warga nantinya mendapatka­n air dari Umbulan.

Rumah pompa dan reservoir itu terletak persis di seberang Terminal Tambak Oso Wilangon. Berdasar pantauan Jawa Pos, bentuk rumah pompa bercat biru tersebut sudah rampung. Namun, beberapa pipa besi besar dibiarkan begitu saja. Sekeliling rumah pompa dipagari seng. ’’ Jarang ada orang beraktivit­as di situ,’’ kata Adam Sutanto, warga sekitar.

PDAM Surya Sembada memang memutus kontrak dengan rekanan yang mengerjaka­n rumah pompa itu. Menurut versi PDAM dan konsultan pengawas, progres pekerjaan baru mencapai 30 persen. Padahal, rekanan sudah diberi perpanjang­an waktu selama 50 hari.

Reservoir dengan daya tampung hingga 3.000 meter kubik air tersebut nantinya menjadi terminal untuk mengalirka­n air dari mata air Umbulan, Pasuruan. Total ada 20 titik reservoir yang akan dibangun PDAM untuk menyambut proyek sistem pengadaan air minum (SPAM). Megaproyek tersebut akan dikerjakan tahun depan.

Selama ini warga di kawasan Romokalisa­ri terbiasa kesulitan air. Contohnya, warga yang tinggal di flat Romokalisa­ri. Sukma Hadi Prayitno, penanggung jawab flat, menuturkan bahwa dua minggu lalu warga sempat mengeluh garagara kecilnya air yang keluar dari keran. ’’ Saya dapat komplain dari penghuni ada yang anaknya tidak mau sekolah karena tidak mandi,’’ katanya. (tau/c15/git)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TAK RAMPUNG: Rumah pompa Tambak Osowilango­n milik PDAM Surya Sembada belum siap dioperasik­an.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TAK RAMPUNG: Rumah pompa Tambak Osowilango­n milik PDAM Surya Sembada belum siap dioperasik­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia