Jawa Pos

Resmikan Sekolah Kerja Sama AL-US Navy

-

SIDOARJO – Selesai sudah pembanguna­n dua gedung sekolah baru di SDN Cemandi 406, Sedati. Kemarin (3/9) gedung baru yang dibangun pasukan Seabees dari US Navy dan Batalyon Zeni Marinir TNI-AL itu diresmikan. Peresmian tersebut berlangsun­g istimewa karena dihadiri Konjen Amerika Serikat (AS) di Surabaya Heather Variava.

Dalam peresmian itu, turut hadir Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, perwakilan TNI-AL Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibo­wo, dan Paban III Lat Sopsal Kolonel Laut (P) M. Zaenal. ”Kerja sama antara TNI-AL dan US Navy tidak hanya di bidang militer. Jelang tahun ke-22, kerja sama juga ditujukkan di bidang pendidikan dan kebudayaan,” ujar Ariantyo.

Ke depan, ucap dia, program Cooperatio­n Afloat Readiness and Training (Carat) itu juga akan menyasar sejumlah institusi pendidikan dan kebudayaan lain yang lebih luas. Menurut dia, pembanguna­n gedung sekolah di Sidoarjo hanya permulaan.

”SDN Cemandi 406 dipilih karena dekat dan menjadi prioritas utama sekolah yang membutuhka­n pem- bangunan,” ungkapnya.

Dia menyatakan, baru kali ini dilakukan program kerja sama tahunan antara marinir AS dan negara-negara di Asia Tenggara dengan misi mendalam dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Apalagi, dalam program tersebut, pasukan Seabees dan Batalyon Zeni membangun sendiri dua gedung sekolah itu. Mulai pemasangan fondasi, produksi bahan bangunan, hingga pembuatan properti dalam kelas di sekolah itu. Pembanguna­n gedung sekolah itu dimulai sejak 21 Juli

Heather Variava mengungkap­kan, kerja sama dalam hal bela negara negara tidaklah cukup. ”Kerja sama pengembang­an pendidikan dan kebudayaan tidak kalah penting. Ke depan banyak kerja sama yang menghubung­kan dua negara dan makin diperkuat,” ucapnya.

Sementara itu, Nur Ahmad Syaifuddin menyatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan program Carat. Dia menjelaska­n, program tersebut bisa menjadi permodelan yang baik dalam segala lini. Terutama bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, program tersebut menjadi stimulus pemkab untuk lebih konsentras­i pada dunia kebudayaan dan pendidikan.

Karena itu, ungkap Nur, dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2016 yang saat ini tengah dibahas bersama dewan, juga diproyeksi­kan revitalisa­si sekolah. Pemkab telah mendata sejumlah sekolah yang membutuhka­n penanganan. Terutama sekolah-sekolah negeri di kawasan pinggiran. ”Kami sediakan dana khusus revitalisa­si bangunan sekolah rusak sekitar Rp 17 miliar,” katanya. (jos/c20/hud)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? GEDUNG BARU: Konjen AS di Surabaya Heather Variava (Empat dari kiri) didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin (dua dari kiri) saat melihat ruang kelas di SDN Cemandi 406 kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS GEDUNG BARU: Konjen AS di Surabaya Heather Variava (Empat dari kiri) didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin (dua dari kiri) saat melihat ruang kelas di SDN Cemandi 406 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia