Jawa Pos

Sadar Menjaga Kebersihan

- ANDY NOER ADIANSYAH

JAGA kelestaria­n lingkungan di pantai timur dengan meningkatk­an kesadaran warga. Jangan sampai usaha mencari nafkah atau mengambil manfaat dari laut itu sendiri justru merusak habitat. Di sisi lain, pemerintah juga wajib mengedukas­i masyarakat.

Bahkan menjamin pemenuhan hak perolehan penghidupa­n yang lebih layak sehingga tidak akan sampai melakukan kegiatan yang merusak lingkungan.

Sejauh ini kesadaran menjaga kebersihan, khususnya laut dan pantai, masih jauh dari harapan. Berbagai sampah organik dan anorganik tersebar mengotori pantai dan sepanjang pesisirnya. Mulai sampah plastik berbagai jenis dan sisa-sisa pohon menumpuk. Diduga, sampah-sampah tersebut dibawa arus dan ombak hingga ke sepanjang pesisir pantai ini. Karena itu, butuh kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembaranga­n. Di tanah saja butuh jutaan tahun, apalagi di perairan.

Keadaan tersebut lambat laun pasti juga berdampak pada kehidupan para nelayan. Sebab, sumber kehidupan mereka adalah lautan. Mulai jenis kerang, ikan, hingga biota laut lainnya

Jadi, potensi pencemaran harus dicegah. Kalaupun tidak bisa total, paling tidak bisa mengurangi. Langkah antisipasi tersebut diwujudkan dengan melibatkan masyarakat pesisir. Caranya, mem- berikan pelatihan pengolahan sampah serta pemanfaata­n limbah menjadi barang kerajinan daur ulang. Selain itu, dampak positif yang didapat, hasil olahan daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Kan lumayan untuk menambah pundipundi pemasukan.

Yang tidak kalah penting menyediaka­n sarana dan prasarana penunjang. Misalnya, stan atau kios yang berjualan aneka ragam masakan kuliner khas Sidoarjo. Dengan demikian, pengunjung yang ingin menikmati eksotika Pesisir Delta merasa nyaman dan puas. (*)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia