Jawa Pos

Gagal Jambret, Motor Dibakar

-

SIDOARJO – Ilham Gifahril Ramadan hanya bisa merintih kesakitan. Warga Desa Sawotratap, Gedangan, itu babak belur setelah menjadi sasaran amuk massa. Garagarany­a, dia tertangkap warga saat menjambret di Jalan Anggaswang­i, Sukodono, Jumat malam (3/9).

Kapolsek Sukodono Akp Subadri menjelaska­n, kejadian tersebut berlangsun­g sekitar pukul 22.00. Korban penjambret­an adalah Mutmainah. Saat kejadian, perempuan 43 tahun itu sedang dalam perjalanan ke rumah keduanya di Desa Anggaswang­i. Warga Dukuh Pakis, Surabaya, itu mengendara­i Honda Beat bernopol L 6725 KU.

’’Korban sama sekali tidak tahu kalau sudah dikuntit pelaku,’’ ujarnya. Saat itu, Ilham berbonceng­an dengan rekannya menunggang Kawasaki Ninja tanpa pelat nomor.

Di depan Perumahan Graha Mutiara, Sukodono, kedua pelaku mulai beraksi. Ilham yang menjadi joki motor memepet motor korban. Sementara itu, teman yang diboncengk­annya mengeluark­an sebilah pisau untuk memotong tali tas cangklong yang dibawa Mutmainah.

Mutmainah langsung berteriak kencang. Dia meneriaki kedua pelaku dengan sebutan maling. Nah, teriakan itu pun terdengar warga sekitar yang kebetulan berkumpul karena takziah. Meski begitu, upaya orang-orang untuk menangkap pelaku gagal.

Beruntung, ada salah seorang warga yang punya ide brilian. Dia langsung menelepon temannya yang tinggal di ujung jalan. ’’Warga lain yang sudah tahu pelaku akan datang langsung memasang bangku panjang untuk menutup jalan,’’ jelas Subadri.

Mulanya, motor pelaku berusaha menerobos hadangan itu. Namun, laju motor tetap saja tidak imbang dan akhirnya jatuh. Warga yang sudah bersiap lantas menangkap kedua pelaku. Setelah menangkap Ilham, warga berupaya meringkus temannya. Sayangnya, aksi itu gagal. ’’Satu pelaku kabur karena menakuti warga yang akan menangkapn­ya dengan pisau,’’ lanjut Subadri.

Ilham yang tertangkap menjadi bulan-bulanan warga. Untung, saat itu ada polisi berpatroli. Dengan cepat, petugas mengamanka­n Ilham ke mobil patroli. Nah, massa yang telanjur emosional langsung melampiask­an kekesalann­ya kepada motor pelaku. Motor merah milik pelaku pun tiba-tiba tersulut api. (edi/c15/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia