Jawa Pos

Alun-Alun Sidayu Makin Cantik

-

GRESIK – Sidayu menyimpan sejarah be besar bagi Kota Pudak. Kecamatan di w wilayah utara Kabupaten Gresik itu m merupakan salah satu monumen pe penting dalam perkembang­an Kota G Giri saat ini. Pemkab Gresik kini m merevitali­sasi alun-alun daerah yang du dulu bernama Kadipaten Sedayu itu itu. Wajahnya dipercanti­k.

Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan U Umum (PU) Gresik Achmad Wasil m mengungkap­kan, revitalisa­si alun-alun be berlangsun­g dalam tiga tahap. Pada 2014, dibangun pujasera yang menampung para pedagang. Pujasera tersebut merupakan upaya penataan PKL yang kini berjumlah sekitar 50 orang.

Pada 2015, dinas PU meninggika­n lapangan di sisi selatan. Lapangan sepak bola itu dibuat berkelas dan antibanjir. Saat ini, 2016, fo kus proyek adalah menata lapangan sisi utara. Tanah lapangan ditinggika­n hingga 1 meter. ’’Lapangan sisi utara dikhususka­n untuk anakanak. Orang dewasa di lapangan selatan,’’ kata Wasil kemarin (2/9).

Selain lapangan, dibangun fasilitas pendukung. Mulai gerbang papan nama alun-alun, drainase dan fasilitas jogging track, sampai taman. Fasilitas tersebut tidak hanya mempercant­ik wajah alun-alun, tetapi juga membuat betah pengunjung. ’’Progres keseluruha­n sudah 80 persen,’’ papar Wasil. Dia optimistis revitalisa­si Alun-Alun Sidayutunt­astepat waktu. Proyek yang tahun ini menelan anggaran Rp 1,9 miliar itu dikerjakan sampai Desember mendatang.

Kasi Pembanguna­n Gedung Negara Dinas PU Tri Handayani Setyarini menambahka­n, revitalisa­si alun-alun bertujuan memaksimal­kan fungsi alun-alun bagi warga sekitar. ’’Fungsinya dikembalik­an sebagai area terbuka untuk masyarakat,’’ ucapnya.

Warga Sidayu berharap penataan tidak hanya dilakukan untuk kawasan alun-alun. Mereka berharap revitalias­i dilakukan menyeluruh. Termasuk, perawatan situs-situs bersejarah di wilayah sekitar. Sebut saja pintu gerbang yang jadi ikon peninggala­n Kota Kadipaten Sedayu.

Ada juga bekas bangunan masjid keraton yang kini menyisakan dua bagian tembok di sisi selatan dan barat. Karena tidak pernah dipugar, bangunan itu kini rawan ambruk. ’’Sekarang alun-alun jauh lebih tertata dan bersih. Tetapi, revitalisa­si bangunan bersejarah juga sangat penting,” kata M. Muhtar, sejarawan asal Sidayu. (mar/c17/roz)

 ?? DINAS PU GRESIK FOR JAWA POS ?? METROPOLIS TUNTAS TAHUN INI: Maket Alun-Alun Kota Sidayu yang sedang direalisas­ikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Gresik.
DINAS PU GRESIK FOR JAWA POS METROPOLIS TUNTAS TAHUN INI: Maket Alun-Alun Kota Sidayu yang sedang direalisas­ikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia