Jawa Pos

Moh. Qosim: Sudah Nggak Zaman Pejabat Tidak Rukun

-

GRESIK – Dusun Betiring, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, berpesta. Dihadiri Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Moh. Qosim, warga desa menjajar ratusan ancak dengan hiasan buah, biji-bijian, sampai kerupuk ikan. Itu hidangan sedekah bumi.

Warga menggotong dan mengarak ancak di sepanjang jalan. Lalu, meletakkan­nya di depan rumah sebagai wujud syukur atas rezeki yang diberikan Yang Maha Kuasa. Gebyar sedekah bumi itu tidak hanya melibatkan warga desa setempat. Ada 16 wakil kecamatan lain yang memamerkan hasil usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Misalnya, perwakilan UMKM Kecamatan Menganti yang menampilka­n kerajinan kaca.

Acara itu juga bertepatan dengan bulan bakti gotong royong. Pasangan Sambari-Qosim hadir bersama jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta kader-kader PKK. ’’Tradisi sedekah bumi memang budaya yang diwariskan nenek moyang sampai sekarang. Inti tradisi itu mengedepan­kan gotongroyo­ng di tengah kemajuan zaman,’’ kata Sambari.

Gotong royong penting sebagai modal membangun daerah. Sikap itu harus dimulai dari keluarga. Sebab, keluarga merupakan basis pembanguna­n di tingkat paling dasar. ’’Nanti naik ke tingkat desa hingga daerah,’’ jelasnya.

Qosim menambahka­n, modal utama gotong royong adalah kerukunan. Pembanguna­n daerah bisa terhambat jika warganya tidak rukun. ’’Untungnya warga Gresik rukun. Buktinya, sudah banyak penghargaa­n yang diborong,’’ tuturnya. Kerukunan memang hal yang terlihat sepele. Tetapi bisa menjadi masalah besar jika disepeleka­n. ’’Karena itu, kepala daerah harus rukun. Sudah nggak zaman pejabat tidak rukun,’’ katanya. (adi/c15/roz)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? SELALU KOMPAK: Bupati Sambari Halim ( kanan) bersama Wabup Moh. Qosim (tiga dari kiri) berada di tengah-tengah warga Desa Banjarsari kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS SELALU KOMPAK: Bupati Sambari Halim ( kanan) bersama Wabup Moh. Qosim (tiga dari kiri) berada di tengah-tengah warga Desa Banjarsari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia