Jawa Pos

Jadikan Koleksi Action Figure sebagai Investasi

-

GRESIK – Komunitas Gresik Toys suka memajang koleksi action figure mereka kapan pun dan di mana pun. Kemarin (3/9) anggota komunitas tersebut memamerkan beragam koleksi figure character di taman GKB. Mereka juga bereuni.

Selain sebagai ajang temu anggota, kegiatan itu dimaksudka­n untuk mengundang simpati masyarakat umum. Terutama pengguna jalan. ”Majang koleksi di CFD sudah pernah. Kalau di kafe, kami minta meja tambahan untuk menempatka­n action figure. Nah, di taman seperti ini belum pernah,” ujar Nova, ketua komunitas.

Nova menggandru­ngi karakter perempuan superhero yang berani, kuat, dan tangguh. Kemarin dia membawa koleksi figure Rey, salah satu lakon dalam sekuel Star Wars 7. Nova merogoh kocek Rp 4 juta untuk membeli action figure Rey di salah satu toko online Jepang.

Selain Rey, dia mengaku memiliki banyak koleksi figur tokoh dalam film Resident Evil.

Lebih dari itu, beberapa anggota komunitas juga melihat peluang. Koleksi adalah investasi. Sebab, beberapa action figure merupakan item langka atau limited edition. Karena tidak diproduksi masal dan terus-menerus, item terbatas itu sering diburu. Dengan begitu, ada peluang investasi dari hobi itu. Contohnya, Yoni yang memiliki item langka berupa tokoh devil dari seri film Spawn. Tokoh yang identik dengan rantai itu, imbuh Yoni, sudah tidak diproduksi lagi.

”Item yang jarang dijual dan hampir tidak ada di pasaran lama-lama akan langka. Banyak yang cari. Kalau tidak eman, bisa dijual dengan harga lebih mahal,” tutur dia.

Dengan alasan itu, kolektor harus merawat benar action figure. Salah satunya, meletakkan koleksi action figure di dalam lemari display. Tujuannya, menghindar­i debu. Kalau perlu, selalu memberikan pewangi dan membersihk­annya dengan sikat bulu halus. (hay/c7/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BUGAR DAN KENCANG: Anggota Komunitas Aerogress Gresik sedang ber-belly dance di salah satu studio.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BUGAR DAN KENCANG: Anggota Komunitas Aerogress Gresik sedang ber-belly dance di salah satu studio.
 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? BERHARGA: Komunitas Gresik Toys memamerkan koleksi di taman GKB.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS BERHARGA: Komunitas Gresik Toys memamerkan koleksi di taman GKB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia