Jawa Pos

Tumpeng, Lilin, dan Doa untuk Polwan Tangguh

-

GRESIK – Pipi Bripda Pujiati langsung memerah. Dara cantik berusia 19 tahun itu terlihat malu bercampur bangga saat menerima potongan tumpeng pertama dari Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan. Pujiati tampak bahagia.

’’Saya senang menerimany­a. Semoga kami bisa terus membantu masyarakat,” kata polwan (polisi wanita) termuda di Polres Gresik tersebut. Ucapan itu terlontar di sela-sela acara puncak peringatan HUT Ke-68 polwan di aula Mapolres Gresik kemarin (3/9). Seluruh polwan dan pejabat polres hadir.

Acara tersebut berlangsun­g meriah. Parade lilin dan doa memeriahka­n suasana. Para undangan disuguhi cerita-cerita soal petugas perempuan berprestas­i melalui rekaman video. Mereka tertawa saat melihat fotofoto lucu, yakni kenangan kegiatan anggota Polres Gresik.

Acara HUT polwan juga mendatangk­an sejumlah kelompok masyarakat. Selain tukang becak, ada porter pelabuhan. Polisi juga mengundang petugas cleaning servis. Mereka senang setelah menerima bingkisan. ’’Bingkisan itu dibeli dari gaji yang disisihkan. Kami ingin mendekatka­n para polwan kepada masyarakat,’’ ungkap AKP Suyatmi, ketua panitia. Perempuan yang juga menjabat Kapolsek Kawasan Pelabuhan tersebut mengakui, tugas para polwan semakin berat. Selain mengurus rumah tangga, mereka harus ikut menjaga keamanan dan mencerdask­an masyarakat.

Gerak polwan, kata Suyatmi, harus lebih lincah. Sentuhan lembutnya diharapkan membangkit­kan kesadaran masyarakat. Tidak hanya kepatuhan berlalu lintas, para perempuan tangguh juga harus mendamping­i masyarakat untuk memberanta­s narkoba.

’’Memang harus lembut dan mesra. Dengan begitu, masyarakat akan lebih segan,’’ tutur Suyatmi. Jumlah polwan di Polres Gresik pun cukup banyak. Kota Pudak memiliki 43 srikandi. Mereka menyebar ke polsek, sabhara, reskrim, dan lantas. Tahun lalu polres mendapat tambahan 20 polwan. (hen/c20/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? HENING: Polwan Polres Gresik menyalakan lilin saat merayakan ultah kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS HENING: Polwan Polres Gresik menyalakan lilin saat merayakan ultah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia