Jawa Pos

Pola Pengamanan Pilkada 2017 Merata

Tak Ada Daerah yang Diperlakuk­an Istimewa

-

JAKARTA – Menjelang penetapan pasangan calon (paslon) yang diumumkan Senin (24/10), situasi politik di 101 daerah peserta pilkada 2017 mulai memanas. Tak ingin kecolongan, KPU menyiapkan pengamanan yang sama di setiap daerah.

’’Kalau kami mengabaika­n yang lain, hanya berfokus pada satu daerah, bisa saja berbalik, kan? Tidak perlu daerah tertentu saja, tapi semua daerah,’’ kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantor KPU, Jakarta, kemarin (21/10).

Dia mengakui, potensi keributan pada hari penetapan sangat terbuka. Sebab, paslon dan para pendukungn­ya kerap tidak bisa menerima keputusan penyelengg­ara jika dinyatakan tidak lolos. ’’Karena itu, kami ingatkan agar (KPU daerah) melakukan antisipasi. Perlu koordinasi dengan pihak keamanan,’’ imbuhnya.

Saat ditanya daerah mana saja yang berpotensi panas, dia belum bisa membeberka­n. Namun, dia mengakui, ada beberapa daerah yang menunjukka­n rasa ketidakpua­san paslon kepada penyelengg­ara. Misalnya, Buleleng, Buton, dan beberapa daerah di Aceh.

Sementara itu, Dirjen Politik dan Pemerintah­an Umum Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo menyatakan, dari pantauan kesbangpol, stabilitas di 101 daerah terhitung normal. Meski demikian, dia memprediks­i situasi bisa berubah, khususnya di daerah yang terdapat calon gagal. ’’Biasanya yang tidak lolos gak terima,’’ ujarnya.

Karena itu, selain berkoordin­asi dengan petugas keamanan, pihaknya melakukan upaya-upaya preventif. Salah satunya berdialog dengan paslon maupun para tim sukses. Tujuannya, menghindar­kan kekerasan jika ada paslon yang dinyatakan tidak lolos.

’’Kami sarankan melalui jalur hukum. Silakan gugat. Negara kita negara hukum. Jangan anarkis,’’ tegasnya. (far/c5/fat)

 ?? M RIDWAN/JAMBI EKSPRES ?? SUDAH SIAP: Kepolisian di berbagai daerah sudah menyiapkan pengamanan pelaksanaa­n pilkada. Kemarin kesiapan itu juga dipamerkan personel Polda Jambi.
M RIDWAN/JAMBI EKSPRES SUDAH SIAP: Kepolisian di berbagai daerah sudah menyiapkan pengamanan pelaksanaa­n pilkada. Kemarin kesiapan itu juga dipamerkan personel Polda Jambi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia