Jawa Pos

Jonan Janji Sisakan Enam Izin Migas

-

JAKARTA – Duet Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar berkonsent­rasi pada peningkata­n produksi minyak dan gas. Fokus itu berkaitan dengan penurunan jumlah wilayah kerja (WK) eksplorasi, WK eksploitas­i, dan WK nonkonvens­ional.

Saat ini, ada 288 ladang migas yang digarap kontraktor kontrak kerja sama (KKKS). Perinciann­ya, 85 WK yang telah berproduks­i (eksploitas­i), 147 WK yang belum berproduks­i (eksplorasi) konvension­al, dan 56 WK eksplorasi nonkonvens­ional. Artinya, terjadi penurunan yang cukup tajam. Sebab, pada awal tahun ini saja, ada 312 WK yang digarap KKKS.

Sekjen Kementeria­n ESDM Teguh Pamudji menuturkan, Jonan telah membahas upaya peningkata­n produksi migas nasional dengan SKK Migas. Salah satu materi pembahasan adalah pemangkasa­n 100 izin eksplorasi menjadi enam saja. ’’ Plan of developmen­t dipercepat supaya investasi masuk,’’ jelasnya.

Opsi kedua adalah revisi PP No 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dikembalik­an ( cost recovery). Selama ini investasi selalu dikaitkan dengan harga minyak. Padahal, pemerintah tidak bisa mengendali­kan fluktuasi harga minyak dunia. ’’Kalau tidak bisa mengontrol harga, ya kita harus pandai menghitung cost- nya,’’ kata Teguh.

Dirjen Migas Wiratmaja Puja optimistis revisi aturan cost recovery bisa meningkatk­an minat investor migas. Apalagi, peme-

UNTUK kali kesembilan, PT Astra Honda Motor (AHM) turut ambil bagian dalam ajang internasio­nal Safety Japan Instructor­s Competitio­n. Pada penyelengg­araan ke-17 tahun ini, AHM mengirim tiga instruktur safety riding miliknya. Kompetisi itu berlangsun­g dua hari (20–21 Oktober). Ajang tersebut berlokasi di Suzuka Circuit Traffic Education Center (STEC).

Ada yang berbeda dalam event kali ini bagi AHM. Untuk kali pertama, AHM menurunkan instruktur big bike Honda untuk berlaga di kelas tertinggi kompetisi itu. Hal tersebut tidak terlepas dari kehadiran jajaran big bike Honda di Indonesia. Misalnya, CBR 1000RR SP, NM4 Vultus, CBR 650F, CB650F, CB 500X, serta CB 500F. Motor-motor berkapasit­as mesin besar itu mulai masuk ke tanah air pada 2015.

’’Perkembang­an model sepeda motor di Indonesia seperti jajaran big bike Honda tentu membutuhka­n skill safety riding yang lebih mumpuni,’’ jelas GM Marketing Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra.

Tiga instruktur yang dikirim ke Suzuka adalah M. Ady Sucipto (WMS), I Gusti Agung Budi Dharma (HSO Mataram), dan Dimas Satria Kelana Putra (MPM). Mereka bersaing dengan para instruktur Bulan Oktober 2016 Juni 2016 Mei 2016 April 2016 Maret 2016 Februari 2016 Januari 2016 Jumlah 288 WK 289 WK 295 WK 298 WK 304 WK 311 WK 312 WK rintah juga melonggark­an skema kerja sama dengan memberi opsi nett sliding scale atau gross split. Perbedaan kedua metode itu terletak pada masa perpanjang­an kontrak, persentase bagi hasil, serta bonus tanda tangan.

Keleluasaa­n skema tersebut diharapkan bisa membuat investor meminati lelang wilayah kerja yang baru. Hal itu diharapkan bisa bermuara pada peningkata­n produksi migas.

Tahun ini lifting minyak ditargetka­n 820 ribu barel per hari (bph). Pada 2017, target lifting dipatok lebih rendah, yakni 815 ribu bph. Sementara itu, lifting gas ditargetka­n 1.150 ribu barel setara dengan minyak.

Di bagian lain, para pengusaha smelter meminta jaminan kepastian hukum kepada pemerintah atas rencana Kementeria­n ESDM untuk merevisi PP 1/2014. Mereka khawatir aturan yang mengharusk­an dari delapan negara lain pada tiga kelas berbeda. Yakni, kelas 750 cc, 400 cc, dan 125 cc.

Dalam uji praktik, ada tiga tes. Yakni, balancing skill, braking skill, dan slalom course. Pengetahua­n safety riding para peserta juga dites melalui ujian teori.

Ady, Budi, dan Dimas mengikuti kompetisi di Suzuka bukan tanpa bekal. Ketiganya adalah jawara di tingkat regional dan nasional yang mampu menyisihka­n 3.030 peserta ajang Astra Honda Safety Riding Instructor Competitio­n (AHSRIC) 2016.

Ady, misalnya. Dia merupakan peraih best of the best kategori big bike. Budi berada di peringkat kedua kategori big bike. Sementara itu, Dimas adalah juara kategori sport. Tahun ini kategori big bike baru pertama dimasukkan dalam AHSRIC.

Selama dua hari berkompeti­si di STEC, AHM berhasil meraih satu gelar. Dimas menempati peringkat kedua di kelas 125 cc (motor grom). Instruktur asal Surabaya tersebut hanya kalah dari pesaingnya asal Thailand (AP Honda), Rawat pengolahan mineral di dalam negeri itu direlaksas­i. Padahal, UU Minerba sudah menegaskan soal hilirisasi dalam negeri, termasuk kewajiban membangun smelter.

Siang kemarin (21/10) puluhan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Smelter dan Pengolahan Mineral Indonesia (ISPA) menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua ISPA R Sukhyar mengungkap­kan, perkembang­an nikel cukup pesat. Fasilitas yang hadir di Indonesia mulai berdiri pada 1976. Selama 40 tahun tersebut hanya bisa menghasilk­an 98 ribu ton nikel. Saat ini sudah mencapai 160 ribu ton.

Jumlah itu bertambah karena pengusaha sudah membangun sesuai aturan. Bahkan, pada 2017 dia memproyeks­ikan produksi nikel bisa sampai 250 ribu ton. Lebih jauh lagi, pada 2018 nikel bisa menembus angka 300 ribu ton.

’’Dua tahun saja kami sudah menambah 200 ribu ton nikel dan tentu tahun-tahun berikutnya lebih besar lagi,’’ tambah Sukhyar. Dia menyatakan ada kemajuan yang cukup pesat untuk produksi dua alumina. ”Untuk besi dan kemajuanny­a luar biasa,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaska­n sudah ada arahan dari presiden Joko Widodo agar kebijakan dunia usaha diarahkan untuk bersahabat dengan pebisnis. Namun, tentu saja tidak melanggar aturan. ’’Jadi, beliau minta ada konsistens­i aturan supaya industri di Indonesia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,’’ ungkapnya. (dim/c5/c21/noe/sof) Kaewsaart. Sejak awal, Dimas memang optimistis. ’’ Nggak ada masalah. Motornya sama. Aspalnya saja yang beda dengan di Indonesia, lebih nggigit,’’ katanya.

Yoichi Harada, general manager driving safety promotion di Honda Motor Co Ltd, mengungkap­kan, kecelakaan yang dipengaruh­i faktor pengendara menjadi alasan kompetisi safety riding antarinstr­uktur tersebut diadakan tiap tahun. Di Jepang, misalnya. Dalam 3–4 tahun terakhir, jumlah korban tewas karena kecelakaan mencapai 4 ribu orang.

Tahun ini, lanjut dia, ada sembilan negara partisipan. Selain Indonesia, ada wakil dari Thailand, Taiwan, Vietnam, Singapura, India, dan Malaysia. Dua negara yang lain berasal dari luar Asia. Yakni, Australia dan Turki.

Minimnya peserta dari luar Asia seperti Eropa dan Amerika diakui Yoshida. Selain secara geografis jauh, pasar motor di benua tersebut tidak besar. ’’Pasar motor terbesar itu berada di Tiongkok, India, dan Indonesia,’’ tuturnya. (*/c5/sof)

 ??  ?? smelter smelter smelter smelter zinc, smelter
smelter smelter smelter smelter zinc, smelter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia