Jawa Pos

Dapat Salinan Blueprint di Belanda

Restorasi Benteng Pendem

-

NGAWI – Tahap restorasi Benteng Van den Bosch ditarget mulai 2017. Setelah teken memorandum of understand­ing (MoU) dengan TNI-AD, pemkab kini menanti rampungnya detail engineerin­g

design (DED) sekaligus masterplan. ”Dikerjakan sejak Juli 2016, Desember ini harus klir,” ujar Kepala Disparyapu­ra Ngawi Anwar Rifai kepada Jawa Pos Radar Lawu kemarin (21/10).

Dia mengungkap­kan, penyusunan DED dan masterplan dikerjakan PT Arya Graha. Rekanan asal Bandung itu wajib mempelajar­i detail bangunan heritage tersebut. Sumbernya berasal dari blueprint dan sisi arkeologi. ”Nilai kontraknya Rp 950 juta,” ucapnya.

Anwar menambahka­n, blueprint yang digunakan sebagai dasar perencanaa­n itu didapatkan dari Belanda. Rekanan hanya diperboleh­kan meminta salinan dokumen blueprint tersebut. Sebab, blueprint Benteng Pendem itu disimpan sebagai arsip sejarah di Negara Kincir Angin tersebut. Pihaknya menyerahka­n penyusunan itu pada rekanan, selanjutny­a direncanak­an proses restorasin­ya. ”Informasi copy dari blueprint sudah dapat,” ungkapnya.

Dia menjelaska­n, pihaknya saat ini tengah sibuk merumuskan penyusunan perjanjian kerja sama (PKS) yang dibutuhkan sebagai tindaklanj­ut MoU. Hal itu dilakukan untuk menentukan bagian dan peran masingmasi­ng pihak atas semua aset di benteng yang berada di Kelurahan Pelem, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, tersebut. Dia berharap pengerjaan PKS itu dapat berjalan lebih cepat. Dengan demikian, pelaksanaa­n restorasi dapat segera dikerjakan pada anggaran baru tahun depan. ”Kami sudah mengajukan tahun ini. Pelaksanaa­nnya tahun depan,” katanya. (ian/ota/ c5/end)

 ?? ASTA YANUAR/JAWA POS RADAR LAWU ?? HERITAGE: Benteng Pendem yang berada di Kelurahan Pelem tahun depan mulai direstoras­i.
ASTA YANUAR/JAWA POS RADAR LAWU HERITAGE: Benteng Pendem yang berada di Kelurahan Pelem tahun depan mulai direstoras­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia