Jawa Pos

Rossoneri dengan Pasukan Remajanya

-

Dia menjadi pemimpin bagi skuad muda Milan saat ini. Kolaborasi­nya dengan M’Baye Niang dan Suso juga oke. Sejauh ini, striker asal Kolombia itu merupakan top scorer sementara tim dengan enam gol. Dia dimainkan menjadi satu di antara tiga bek tengah saat melawan Olympique Lyon. Kalau masih diturunkan di posisi itu, dia bisa jadi titik lemah. Tapi, kalau kembali ke wing back kiri, dia mulai melambat.

KEBIASAAN mengoleksi bintang tua pernah menjadi strategi transfer AC Milan. Adriano Galliani yang merupakan tangan kanan Silvio Berlusconi, presiden Milan, yang doyan menerapkan gaya itu di bursa transfer. Baik didatangka­n secara permanen maupun pinjaman.

Sampai-sampai ada anggapan, kalau bintang mulai redup, tenang saja, Milan segera merekrut pemain itu. Mulai era Rivaldo dan Ronaldo, lalu Robinho dan Zlatan Ibrahimovi­c, hingga era berikutnya seperti Michael Essien dan Nigel de Jong. Pasukan tua dan tinggal sisa.

Nah, sekarang gaya transfer Milan berubah. Mereka lebih fokus pada pemain muda. Selain merekrut, mereka menaikkan dari akademi. Proyek pemain muda tersebut sejatinya dimulai sejak era Sinisa Mihajlovic musim lalu dan kini dilanjutka­n Vincenzo Montella.

Montella memberikan kepercayaa­n kepada pemain muda untuk mengisi starter timnya. Gianluigi Donnarumma yang berusia 17 tahun sudah paten di posisi kiper. Suso, 22, dan M’Baye Niang, 21, menjadi penopang bagi striker Carlos Bacca. Juga, ada Manuel Locatelli, 18, yang menggantik­an peran Riccardo Montolivo di tengah.

Di lini belakang, Ignazio Abate, 29, sudah terasa begitu tua. Sebab, starter juga dihuni wajah belia seperti Alessio Romagnoli, 21, dan Mattia De Sciglio, 24. Lalu, di pelapisnya juga ada Rodrigo Ely, 22. Romagnoli bahkan menyisihka­n bek senior seperti Cristian Zapata, 30, dan De Sciglio membuat Luca Antonelli, 29, duduk manis di bench.

Musim ini Montella juga mendatangk­an pemain muda seperti Mario Pasalic, 21, dan top scorer Serie B musim lalu Gianluca Lapadula, 26. Selain itu, Montella mempromosi­kan kiper berusia 16 tahun Alessandro Plizzari dari tim junior. Artinya, stok kiper Milan yang paling tua adalah Gabriel, 24.

Pujian dilayangka­n arsitek Juventus Massimilia­no Allegri tadi malam (21/10). Menurut dia, skuad Milan saat ini turut membantu regenerasi di tubuh timnas Italia. Ada empat pemain yang kemarin dipanggil Giampiero Ventura untuk kualifikas­i Piala Dunia 2018. Mereka adalah Donnarumma, Romagnoli, De Sciglio, dan Giacomo Bonaventur­a, 27.

’’Milan telah membantu perkembang­an Italia,’’ kata Allegri sebagaiman­a dilansir dari Football Italia. ’’Karena itu, aku harus mengucapka­n selamat,’’ lanjutnya. (apu/c17/ham)

SEJAK

direkrut menjadi nuovo allenatore AC Milan, Vincenzo Montella pun melakukan peremajaan skuad di musim ini. Hasilnya, Rossoneri termasuk dari sepuluh besar tim termuda di Serie A.

RATA-RATA USIA SKUAD KLUB SERIE A Klub (apu/c20/ham)

Chievo Verona Cagliari Juventus Inter Milan Sassuolo Torino Atalanta Genoa AS Roma Empoli Napoli Sampdoria Bologna Pescara 30 tahun 29,1 tahun 28,1 tahun 27,3 tahun 27,2 tahun 27 tahun 26,8 tahun 26,8 tahun 26,6 tahun 26,5 tahun 26,3 tahun 26,2 tahun 26,1 tahun 26 tahun

 ?? EPA/PATRICK SEEGER ?? VISIONER: Pelatih Milan Vincenzo Montella (kanan) musim ini banyak mengandalk­an pemain muda.
EPA/PATRICK SEEGER VISIONER: Pelatih Milan Vincenzo Montella (kanan) musim ini banyak mengandalk­an pemain muda.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia