Jawa Pos

Dianggap ’’Samai” Capaian Ronaldo

-

CRISTIANO Ronaldo masih tercatat sebagai pemain dengan koleksi European Golden Shoe (Sepatu Emas Eropa) terbanyak alias empat kali. Dia lebih unggul ketimbang Lionel Messi (tiga kali). Apalagi, Luis Suarez baru meraih predikat keduanya kemarin (21/10).

Namun, Suarez dianggap menyamai capaian Ronaldo. Sebab, bintang penyerang Barcelona tersebut meraih predikat pemain tersubur di liga Benua Biru dalam dua liga yang sama dengan Ronaldo. Premier League dan La Liga.

Penghargaa­n pertama diraih untuk musim 2013–2014. Saat itu Suarez mencetak 31 gol di Premier League bersama Liverpool. Dia bersanding dengan Ronaldo yang mencetak jumlah gol yang sama bersama Real Madrid di La Liga. Ronaldo mengoleksi gol yang sama saat kali per- tama diraih bersama Manchester United pada musim 2007–2008.

Di sisi lain, untuk penghargaa­n terbaru Suarez (musim 2015–2016), penyerang berjuluk El Pistolero itu mampu membuat 40 gol di La Liga sehingga meraih gelar el pichichi. Raihannya termasuk luar biasa. Sebab, dia ’’bersaing” dengan Messi dan Neymar.

Namun, menurut Suarez, trio MSN lebih mengedepan­kan kemenangan (tentu dengan banyak gol) daripada bersaing siapa yang mencetak gol. ’’Saya berada di tim terbaik dunia dan dikeliling­i pemain terbaik. Jika kami memenangi gelar individu, hal itu pasti terjadi karena dukungan semua rekan setimmu,” ungkap Suarez kepada AS.

’’Kalau bukan saya yang memenangi trofi sepatu emas itu, mungkin Leo (sapaan Lionel Messi, Red) dan Neymar memenangi. Mereka sama hebatnya,” sambung Suarez, lalu tertawa. Pada musim lalu, Messi menguntit Suarez dengan 26 gol, sedangkan Neymar 24 gol.

Faktor tersebut dijadikan jawaban saat mendapatka­n pertanyaan usil dari Benjamin. Yakni, mengapa tidak bisa membuat gol saat melawan Manchester City di Liga Champions (20/10)? ’’Sudah ada teman ayahmu yang membuat tiga gol (Messi) dan satu gol lain (Neymar),” jawab Suarez.

Sementara itu, bukan hanya kolega yang memberikan ucapan selamat kepada Suarez. Bek Juventus Patrice Evra yang pernah terlibat percekcoka­n dengan Suarez di Premier League juga memberikan apresiasi kepada Suarez.

’’Di Instagram, saya hanya ada cinta dan tak ada kebencian. Luis, kamu pemain besar dan pemain nomor sembilan terbaik,” tulis Evra kemarin. ( dra/c16/dns)

 ?? ALBERT GEA/REUTERS ?? HOT PAPA: Luis Suarez menunjukka­n trofi Sepatu Emas Eropa bersama putrinya, Delfina, dan putranya, Benjamin.
ALBERT GEA/REUTERS HOT PAPA: Luis Suarez menunjukka­n trofi Sepatu Emas Eropa bersama putrinya, Delfina, dan putranya, Benjamin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia