Jawa Pos

Esai Pembelaan Woodley

-

SOUTH DAKOTA – Aktris Shailene Woodley, 24, ditahan kepolisian setelah mengikuti aksi protes proyek pipa Dakota Access Pipeline pada 10 Oktober lalu. Dia dianggap telah melampaui batas aksi protes saat menyuaraka­n penolakan pembanguna­n proyek. Bintang film Divergent itu juga ditahan dengan alasan terlibat dalam kerusuhan.

Setelah bebas bersyarat dengan jaminan, Woodley tidak diam. Pada Kamis (20/10), lawan main Ansel Elgort rt dalam itu menulis sebuahah esai pembelaan lewat majalah ”Kami mi semua berkumpul pada saat itu dengan keinginang­inan melindungi sumber daya alam. Tanah, h, air, dan berbagai elemen murni, semuanya uanya harus dijaga,” ujarnya.

Menurut nurut Woodley, pembanguna­n pipa minyakyak akan merusak lingkungan yang membuatmbu­at sumber daya alam tidak bisa dinikmati kmati generasi selanjutny­a. Bersama para penduduk asli Amerika, Indian, Woodley dley juga menilai bahwa pembanguna­nbangunan pipa telah merusak tanah h leluhur. ” Mereka mengajarka­ngajarkan kita budaya dan caraara hidup. Apakah kita harus merusak tanahah mereka dengangan proyek?” tulis Woodley.

Pembanguna­n mbangunan pipa di proyek Dakota Access Pipeline, tambah Woodley, berarti membawa kerugian bagi banyak pihak, termasuk orang Indian. Tanah semakin berkurang, permukiman pun semakin sempit. ”Lantas, jika pipa minyak rusak, air untuk dikonsumsi pun terkontami­nasi,” tambahnya. Woodley membantah aksi protesnya tindakan anarkistis. Dia merasa melakukann­ya dengan cara y yangg damai. Memiliki pengalaman­p g ditahan aparat tidak menyurutka­nmenyurutk semangat Woodley. Dia tetaptet menentang pembanguna­n pi pipa dan berpihak pada mereka yangya bisa terkena risiko pembangun pembanguna­n pipa. ”Aksi protes kami, yak yakni Standing Rock, dilakuk dilakukan dengan upaya damai dan dal dalam doa. Saya bangga bisa adaa bersama para pemrotes lain,” u ujar Woodley. (len/c6/ayi)

 ?? PEOPLE ?? The Fault in Our Stars TIME. TAK BERHENTI: Shailene Woodley berjanji tetap berpihak kepada warga yang merasa keberatan dengan pembanguna­n Dakota Access Pipeline.
PEOPLE The Fault in Our Stars TIME. TAK BERHENTI: Shailene Woodley berjanji tetap berpihak kepada warga yang merasa keberatan dengan pembanguna­n Dakota Access Pipeline.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia