Jawa Pos

Online, Pemilihan OSIS Lebih Ringkas

-

SURABAYA – Ada yang berbeda dari sistem pemilihan ketua OSIS di SMP Al Azhar 13 kemarin (21/10). Tidak seperti pemilihan umum lain yang masih menggunaka­n kertas suara, 166 pemilih dari siswa kelas VII–IX tersebut memilih jagoannya dengan sistem online.

Antusiasme dalam memilih pemimpin siswa selama setahun ke depan itu diungkapka­n Muhammad Irfan. Menurut dia, Al Azhar App merupakan aplikasi praktis. Cukup melakukan empat klik, setiap peserta sudah bisa memilih jagoannya. ”Pemilih hanya scan kode batang ( barcode), masukkan nomor induk, dan pilih kandidat yang cocok. Gampang banget milihnya,” ungkap siswa 14 tahun tersebut.

Sementara itu, pembuat Al Azhar App, Mohammad Gerald Athallah Putra dan Abiyyuda Naufal Priambodo, mengungkap­kan rasa bangganya ketika tahu alat ciptaannya berguna. ”Yang pasti senang. Apalagi bisa digunakan di sekolah ini (SMP Al Azhar 13, Red),” terang alumnus SMP Al Azhar tersebut kompak.

Gerald menuturkan, aplikasi yang pernah menyabet juara III di ajang Infomatrix di Rumania pada Mei 2016 itu dirancang sejak duduk di kelas VII. Bersama Abi, Gerald terus mengembang­kan aplikasi tersebut. ”Semula, kami hanya membuat alat berbasis website. Namun, itu rawan dibajak dan tidak bisa mengeksplo­rasi tampilanny­a karena memang terbatas. Maka dari itu, kami ubah menjadi aplikasi berbasis Android,” jelas siswa SMA Muhammadiy­ah 2 tersebut.

Selain aman, Al Azhar App efisien dalam mempersing­kat waktu proses pemilihan. Sebab, setiap voting dari pemilih akan langsung masuk ke pangkalan data di server utama. Masuknya data pemilih itu membuat Al Azhar App tidak lagi membutuhka­n penghitung­an suara yang biasanya dilakukan oleh panitia pemilihan. ”Semua sudah terekapsec­araotomati­sdanhasiln­ya langsung bisa dibacakan,” ucapnya.

Abi menjelaska­n, ke depan Al Azhar App tersebut juga sudah siap digunakan untuk proses pemilihan secara luas. Mulai pemilihan kepala desa hingga DPRD. ”Jika pemilihann­ya lebih luas, tinggal menambahka­n kapasitas servernya,” tutur siswa kelas X SMAN 15 itu. (elo/c20/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? PAKAI APLIKASI: Siswa SMP Al Azhar 13 melakukan pemilihan ketua OSIS.
EDI SUSILO/JAWA POS PAKAI APLIKASI: Siswa SMP Al Azhar 13 melakukan pemilihan ketua OSIS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia