Jawa Pos

Aktif Berkegiata­n Jadi Modal ke Jepang

Belajar Budaya Jepang di Unitomo

-

SURABAYA – Bagi mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universita­s dr Soetomo (Unitomo), mengenal kebudayaan memiliki banyak kegunaan. Bukan sekadar penunjang pemahaman bahasa. Lebih jauh lagi, aktif dalam klub menjadi modal memperoleh rekomendas­i beasiswa. Tidak pernah ikut kegiatan? Jangan harap bisa dapat beasiswa.

Kaprodi Sastra Jepang Unitomo Dra Listyaning­sih SS MPd menjelaska­n, di jurusannya ada beberapa jenis beasiswa. Yang paling diminati adalah beasiswa belajar ke Jepang selama tiga bulan hingga setahun. Selain itu, ada beasiswa berupa uang.

Untuk bisa mendaftar beasiswa, para mahasiswa diminta menyertaka­n surat rekomendas­i dari jurusan yang berdiri sejak 1992 tersebut. ’’Pengenalan budaya ini penting sebagai bekal selama mereka berada di Jepang. Karena itu, saya tidak merekomend­asikan kalau mereka belum mempelajar­i budaya,’’ jelas Lis.

Saat ini ada 11 jenis kebudayaan Jepang yang bisa dipelajari mahasiswa Unitomo. Sebagian termasuk dalam budaya tradisiona­l. Di antaranya, chanoyu, kendhou, origami, yosakoi, dan shodou. Selain itu, ada budaya modern meliputi ongaku, manga, dan toshokona.

Mahasiswa yang dianggap mempunyai kepribadia­n baik dan antusias mempelajar­i kebudayaan Jepang biasanya terpilih diberangka­tkan ke Negeri Ma- tahari Terbit tersebut. ’’Kadang tidak disangka-sangka. Sebab, anak yang terpilih kadang bukan yang nilainya tinggi, tapi mereka aktif berkegiata­n,’’ ungkapnya.

Muhammad Haryo Bimo, ketua Himaprodi Sastra Jepang, menuturkan bahwa Klub Sastra Jepang sering sharing dengan mahasiswa pertukaran dari Jepang. (ant/c14/nda)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS DIKA KAWENGIAN/JAWA POS
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? BELAJAR DETAIL: Kaprodi Sastra Jepang Unitomo Listyaning­sih (empat dari kiri, duduk) bersama sebagian anggota Klub Sastra Jepang Unitomo.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS BELAJAR DETAIL: Kaprodi Sastra Jepang Unitomo Listyaning­sih (empat dari kiri, duduk) bersama sebagian anggota Klub Sastra Jepang Unitomo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia