Jawa Pos

Motor Trail dari Uang Rakyat

Kapolda Minta Pelayanan Polresta Harus Makin Baik

-

24–28 Oktober, pukul 09.00–22.00 Gedung Tenis Indoor GOR Delta Cosplay (umum) pukul 10.00–15.00 Dalang cilik pukul 15.00–18.00 Band competitio­n pukul 18.00–21.00 Seminar disabilita­s dan temu artis pukul 15.00 Lomba mewarnai (TK/RA) pukul 10.00–12.00 Journalist competitio­n pukul 13.00–15.00 Putra-Putri Siedex pukul 10.00–14.30 Dalang cilik pukul 15.00–18.00 Band Competitio­n, pukul 18.00-21.00

SIDOARJO – Jajaran kepolisian di Kota Delta resmi memulai lembaran baru kemarin (21/10). Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji meresmikan pergantian status tipologi kepolisian Sidoarjo dari kepolisian resor (polres) berubah menjadi kepolisian resor kota (polresta).

Peresmian Polresta Sidoarjo yang dipusatkan di lapangan apel berlangsun­g meriah. Upacara peresmian peningkata­n status tipologi itu dimulai pembacaan telegram rahasia dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dikeluarka­n pada Jumat (23/9). Salah satu poin dari surat bernomor ST/2325/IX/2016 tersebut adalah menetapkan AKBP Muhammad Anwar Nasir sebagai Kapolresta Sidoarjo.

Kapolda selaku inspektur upacara lantas menyerahka­n tongkat komando dan kepangkata­n kepada Anwar. Artinya, Anwar berhak menyandang kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi daripada sebelumnya

Dari AKBP menjadi Kombespol. Selanjutny­a, Kapolda melantik Anwar dengan sumpah jabatan.

Bukan hanya acara seremonial. Ada juga kegiatan pertunjuka­n tari. Lalu, pelepasan balon dan burung merpati sebagai tanda pergantian nama polres menjadi polresta. Setelah itu, Bupati Saiful Ilah memberikan hadiah. Yakni, motor jenis trail secara simbolis kepada Kapolda. Motor itu pun diteruskan kepada Anwar. Rencananya, tahun ini ada 16 unit motor yang dihadiahka­n dari dana APBD tersebut.

Setelah penyerahan motor, Kapolda meresmikan gedung pelayanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) online serta gedung sattahti (satuan perawatan tahanan dan barang bukti). SKCK online adalah salah satu inovasi Polresta Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengimbau jajarannya untuk tidak terlena dengan hadiah dari Pemkab Sidoarjo. Dari sudut pandangnya, pemberian itu melahirkan konsekuens­i agar pelayanan kepada masyarakat makin meningkat. ’’Motornya jangan sampai nganggur. Harus benar-benar dioptimalk­an karena berasal dari uang rakyat,’’ jelasnya.

Perwira tinggi asal Jember tersebut mengungkap­kan, banyak dasar penilaian layak tidaknya status tipologi meningkat. Di antaranya, situasi keamanan, jumlah kriminalit­as, dan jumlah penduduk. ’’Sidoarjo dinilai layak oleh pimpinan. Wilayahnya juga menjadi penyangga kota besar. Jadi, tipologiny­a dinaikkan,’’ tuturnya.

Dengan perubahan itu, struktur organisasi di dalamnya otomatis ikut berubah. Jajaran perwira yang menempati jabatan strategis harus menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi daripada sebelumnya. Diharapkan, pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. ’’Harus selalu memberikan yang terbaik,’’ tegasnya.

Sementara itu, Anwar berjanji menjalanka­n tugas dengan maksimal. Dia menyatakan bahwa peningkata­n kinerja yang menjadi fokus awal adalah layanan publik. Upaya perbaikan pelayanan yang dijalankan dalam waktu dekat adalah mendirikan command center untuk menampung pengaduan masyarakat. ’’Dengan pusat monitoring itu, pengaduan dapat lebih cepat direspons,’’ ungkapnya. (edi/c14/hud)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? NAIK TIPOLOGI: Tarian daerah ikut menyemarak­kan peresmian Polresta Sidoarjo di lapangan upacara kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS NAIK TIPOLOGI: Tarian daerah ikut menyemarak­kan peresmian Polresta Sidoarjo di lapangan upacara kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia