Jawa Pos

Optimistis Fisik FR Sesuai Target

-

SIDOARJO – Proyek frontage road (FR) sisi timur hingga kini belum tuntas. Padahal, tahun anggaran 2016 sudah hampir habis. Meski demikian, dinas pekerjaan umum (PU) bina marga optimistis bisa merampungk­an proses appraisal untuk dua desa dan pengerjaan fisik frontage di dua titik sebelum 15 Desember nanti.

Sebelumnya, dinas PU bina marga melakukan proses appraisal di Desa Seruni dan Sawotratap. Di setiap desa terdapat 26 peta bidang tanah (PBT). Namun, di Desa Seruni masih ada satu perusahaan dan dua rumah yang belum dihitung. Itulah yang membuat proses appraisal terkendala. Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan menyatakan, pihaknya terus menuntaska­n appraisal di dua desa yang menjadi target tahun ini. Desa Sawotratap sudah klir. Adapun di Desa Seruni tinggal satu rumah yang belum dihitung. ’’Kami masih terus menyelesai­kan appraisal,’’ katanya.

Rencananya, Kamis (27/10) ada pertemuan internal tim pengadaan tanah. Baik dari Kantor Pertanahan Sidoarjo, konsultan appraisal, dan dinas PU bina marga. Pertemuan itu sekaligus menyampaik­an hasil appraisal yang dilakukan tim pengadaan tanah. Setelah itu, baru diagendaka­n pertemuan dengan warga. ’’Kemungkina­n awal November baru bisa pertemuan warga untuk me nyampaikan appraisal,’’ ujarnya.

Sigit tetap optimistis target proses appraisal dan pengerjaan fisik frontage road bisa tuntas pada 15 Desember. Dengan demikian, anggaran pengadaan tanah frontage road Rp 31 miliar dan pengerjaan fisik Rp 5 milar bisa terserap. ’’Setelah proses lelang tuntas dan persiapan, pengerjaan fisik dilakukan sekitar 1,5 bulan,’’ paparnya. (ayu/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia