Jawa Pos

Ubah Gerakan, Hindari Bosan

-

TIM dance yang mendamping­i kedua tim basket antara sektor putra dan putri tentu harus mampu menampilka­n sesuatu yang tidak membosanka­n selama 6 kali kesempatan tampil. Salah satu caranya adalah mau berinovasi dalam memperliha­tkan gerakan baru. Misalnya, Petra 3 Sigit, julukan tim

SMP Petra 3 Surabaya. Melalui konsep Disney Princess Fa Mulan, mereka mengeluark­an kesan cewek tomboi, tapi tetap terlihat girlie. Mereka memakai kostum kimono oranye pastel dan dipadukan bawahan merah muda. Penampilan makin cantik saat mereka memainkan kipas tangan. Apalagi saat mereka melakukan formasi bunga dan memperliha­tkan putaran kipas yang indah. Pada bagian pembuka itu, gerakan mereka memang terkesan halus, terutama untuk memberikan kesan putri yang feminin.

Layaknya cerita Mulan yang ingin melindungi ayahnya dari kewajiban berperang, sepuluh Chinese princess yang berkostum kimono cantik itu bertransfo­rmasi menjadi prajurit yang kuat. Gerakan yang lembut di awal berubah menjadi gerakan cepat dan bertenaga.

Banyak gerakan melingkar. Mereka pun makin terlihat gahar layaknya prajurit. ” Ya, kami ingin menampilka­n bahwa tomboi itu nggak harus boyish, tapi bisa mempertaha­nkan kecantikan femininnya,” jelas Kelly Angelica, kapten Petra 3 Sigit.

Namun, proses transforma­si tadi terlihat berbeda dengan perubahan pada dua penampilan sebelumnya. Bila sebelumnya mereka berlari ke belakang background untuk mengubah kostum, kali ini background yang diam itu ikut melingkar bersama anggota tim Sambil bergerak,

tersebut menutupi perubahan Petra 3 Sigit. ” Ini merupakan sentuhan baru agar penonton tidak bosan dengan formasi yang itu-itu saja,” tambah cewek kelas VIII tersebut.

Meski sukses tampil apik, sebelumnya mereka sempat merasa nervous. Terutama karena formasi itu baru dibuat sejak Kamis (20/10). Agar makin maksimal, mereka berlatih selama 4–5 jam dua hari ini. Latihan bersama tim properti pun baru dilaksanak­an kemarin pagi (21/10). ”Kami harus berani menampilka­n hal baru. Untung, chemistry kami sudah terbangun bagus,” ujar Kelly. (pew/c5/grc)

 ?? AINI/ZETIZEN TEAM ?? dance
AINI/ZETIZEN TEAM dance
 ??  ?? dance. background
dance. background

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia