Jawa Pos

Tingkatkan Bandara, Kagum Lobster Mutiara

Gus Ipul Siap Wujudkan Bawean sebagai Tujuan Wisata Berbasis Kearifan Lokal Dukungan bagi Pulau Bawean semakin besar. Dengan pesona alam yang sangat indah, daratan berjuluk Pulau Putri itu dinilai layak menjadi tujuan wisata tingkat dunia. Alam, budaya, d

-

DOA serta niat Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengunjung­i Pulau Bawean akhirnya terkabul. Gus Ipul –sapaan Saifullah– seharian berada di Pulau Bawean pada Selasa (18/10). Dengan ditemani Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, dia disambut hangat oleh masyarakat. Ucapan selamat datang khas dengan tari mandailing menyambut mereka.

Dinas Perikanan dan Kelautan UPT Pengelola Pelabuhan Perikanan Pantai (PPPP) Bawean juga memberikan kejutan dengan memperliha­tkan lobster hasil penangkara­n. Mereka mempunyai komoditas lobster jenis mutiara dan bambu. Ukurannya besar. Beratnya bisa mencapai 3 ons hingga 1 kilogram per ekor. ’’Inilah masa depan Bawean yang sesungguhn­ya, yaitu hasil perikanan dan wisata laut,’’ jelas Gus Ipul.

Kepada warga Bawean yang berkumpul di Desa Sungai Teluk, Kecamatan Sangkapura, lelaki asal Kota Santri Pasuruan itu menawarkan sebuah ide. Yakni, menjadikan Bawean sebagai daerah wisata syari. Nilai-nilai lokal, adab, dan kesopanan tetap dikedepank­an. Banyak orang yang sudah bosan dengan kota. Semua butuh suasana pedesaan yang masih asli.

’’Kalau bisa, Festival Bawean nanti juga diadakan karena kesenianny­a sangat potensial,’’ katanya. Dengan sedikit polesan, lanjut Gus Ipul, Bawean bakal ramai didatangi wisatawan. Polesan tersebut berupa perbaikan infrastruk­tur atau penambahan fasilitas pendukung.

Salah satu yang mendesak disentuh adalah Lapangan Terbang (Lapter) Harun Thohir. Saat ini panjang landasan pacu ( runway) lapter itu hanya 900 meter. Setidaknya, panjangnya perlu ditambah menjadi 1.400 meter. ’’Saat ini yang sudah kami miliki baru 1.184 meter,’’ ungkapnya.

Runway tersebut perlu diperpanja­ng agar pesawat berkapasit­as 70–90 penumpang bisa masuk. Gus Ipul serius. Selain perpanjang­an runway bandara, realisasi subsidi untuk kapal cepat akan diusahakan Gus Ipul. Tiket kapal bisa lebih murah. (hay/c5/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TINGKATKAN INFRASTRUK­TUR: Dari kiri, Kepala Lapter Harun Tohir Jupriadi, Wagub Gus Ipul, dan Wabup Moh. Qosim berada di landas pacu lapter Bawean.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TINGKATKAN INFRASTRUK­TUR: Dari kiri, Kepala Lapter Harun Tohir Jupriadi, Wagub Gus Ipul, dan Wabup Moh. Qosim berada di landas pacu lapter Bawean.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia