Jawa Pos

Jamaah Pembawa Uang Akhirnya Bisa Pulang

-

GRESIK – Tiga haji asal Gresik akhirnya bisa pulang. Setelah sempat menjalani proses hukum dan dinyatakan tidak bersalah, mereka dikabarkan segera meninggalk­an Arab Saudi kemarin (21/10).

Tiga haji itu ialah Ansharul Adhim Abdullah, 47, warga Tebaloan, Duduksampe­yan; Sri Wahyuni Rahayu, 36, (istri Ansharul); dan Rochmat Kanapi, 58, warga Betiring, Banjarsari, Kecamatan Cerme.

Informasi dari Panitia Penyelengg­ara Ibadah Haji ( PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah menyebutka­n, tiga haji asal Gresik itu akan terbang dengan pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbanga­n SV816.

”Saya percaya mereka bisa pulang secepatnya,” kata Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid kemarin. Hamid sempat dititipi salah satu tas Ansharul yang berisi uang miliaran rupiah dalam pecahan euro. Uang itu telah diserahkan ke bea cukai.

Menurut Hamid, informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Arab Saudi juga menyebutka­n, mereka diizinkan pulang paling lambat seminggu setelah keluar putusan bebas dari pengadilan setempat. Putusan tersebut keluar Senin (17/10). ”Yang bersangkut­an (Ansharul Adhim Abdullah, Red) juga bilang kalau segera pulang,” tuturnya.

Kabar kepulangan Ansharul juga dibenarkan keluarga Rochmat Kanapi. Bahkan, keluarga Rochmat mengatakan, rombongan akan tiba di Bandara Juanda Jumat petang kemarin. Sebagaiman­a diberitaka­n, tiga haji asal Gresik tersebut ditahan otoritas bandara Arab Saudi karena kedapatan membawa uang Rp 6,23 miliar saat hendak pulang ke tanah air. (mar/c10/roz)

 ?? PPIH DAKKER MAKKAH FOR JAWA POS ?? SEHAT-SEHAT: Ansharul (tengah) diapit Rochmat Kanapi (kiri) dan petugas haji di bandara Madinah.
PPIH DAKKER MAKKAH FOR JAWA POS SEHAT-SEHAT: Ansharul (tengah) diapit Rochmat Kanapi (kiri) dan petugas haji di bandara Madinah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia