Jawa Pos

Pantau Bumil, Gandeng PKK

Untuk Turunkan AKI

-

GRESIK – Minimnya angka kematian ibu (AKI) menjadi salah satu barometer keberhasil­an pembanguna­n sebuah wilayah. Dengan begitu, tingginya AKI akan menurunkan penilaian yang dicapai kota/kabupaten tersebut.

Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, terdapat 19 ibu hamil (bumil) yang meninggal pada tahun lalu. Sementara itu, hingga Oktober tahun ini, ada 16 bumil yang meninggal serta 4.037 bumil yang masuk kategori risiko tinggi (risti).

Kepala Seksi Kesehatan Ibu Anak dan Keluarga Berencana Dinkes Gresik dr Ummi Khoiroh menyatakan, penyebab utama kematian ibu adalah pendarahan. Mengalami hipertensi pada masa kehamilan (preeklamps­ia) juga menjadi pemicu kematian ibu. ’’Dua hal tersebut merupakan penyebab utama kematian ibu,’’ jelasnya.

Selama ini, lanjut Ummi, ada instrumen sebagai alat bantu kontrol. Tujuannya, mengetahui tingkat risiko kematian ibu. ’’Ada skornya. Jika lebih dari enam, itu berarti masuk kategori berisiko tinggi dan harus didampingi secara intens,’’ katanya.

Karena itu, dinkes mengerahka­n dua ribu kader kesehatan dan 558 bidan ke posyandu. Jika ada bumil yang tidak memeriksak­an diri, bidan wajib mendatangi rumahnya. ’’Bidan harus mengetahui setiap bumil baru di wilayah kerjanya,’’ tegasnya.

Ummi mengakui, pemantauan yang dilakukan para bidan memang belum menjangkau seluruh bumil. Bumil yang tidak mau melapor jiwa Tahun 2015 ibu hamil jiwa* Tahun Tahun 2015 2016 Jumlah Ibu Hamil yang Berisiko Tinggi: Tahun 2015

ibu hamil* *Jumlah tersebut terhitung mulai Januari sampai Oktober atau memeriksak­an diri kepada bidan menjadi salah satu kendala. ”Biasanya berawal dari kasus hamil di luar nikah. Mereka malu melapor atau memeriksak­an diri ke bidan,’’ ungkapnya.

Karena itu, pihaknya sengaja mengganden­g tim penggerak (TP) PKK. Tujuannya, memaksimal­kan pemantauan bumil risti yang tidak terjangkau bidan. ’’Program dasawisma TP PKK bisa mendukung pemantauan bumil risti,’’ ujarnya.

Sebelumnya, dinkes mengganden­g karang taruna untuk memantau kondisi bumil risti. Diharapkan, AKI bisa semakin ditekan. ’’Semakin dini diketahui, bumil risti bisa diselamatk­an,’’ tutur Ummi. (adi/c5/ai)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DISUKAI REMAJA: Sande dengan minuman Caption Pouch Drink, buatannya. METROPOLIS
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DISUKAI REMAJA: Sande dengan minuman Caption Pouch Drink, buatannya. METROPOLIS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia