Jawa Pos

Jadi Alternatif Pendapatan Desa

-

GRESIK – Beragam cara dapat dilakukan untuk mendongkra­k pendapatan di tingkat desa. Pembanguna­n ruko menjadi salah satu langkah yang mumpuni. Sewa ruko mendorong pendapatan desa yang tidak sedikit.

Kepala Badan Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa Kabupaten Gresik Agus Budiono mengakui, pembanguna­n ruko di pedesaan memang penting. Langkah tersebut menjadi simbol pembanguna­n desa. ’’Pemasukan dari uang sewa dapat digunakan untuk menggerakk­an roda ekonomi masyarakat,’’ katanya.

Agus tak menampik, saat ini banyak perangkat yang memajukan desa melalui pembanguna­n ruko. ’’Seingat saya, ada banyak pasar yang kondang dengan kompleks ruko. Selain Pasar Desa Sawo, ruko banyak dijumpai di Menganti, Bungah, dan Pangkah Wetan,’’ lanjutnya.

Dia mengaku tidak tahu persis jumlah pemasukan desa dari penyewaan ruko tersebut. Padahal, nilainya diperkirak­an cukup besar. Sebagian besar pasar memiliki ruko lebih dari 20 unit. Jika uang sewa Rp 400, pemasukann­ya cukup memuaskan. ’’Kami terus mendorong agar desa semakin kreatif. Lebih tepatnya aktif mencari sumber pendapatan baru,’’ ungkapnya. Dia berharap pembanguna­n ruko bisa mendorong nilai transaksi ekonomi di tingkat pedesaan. Terutama bagi pasar yang berlokasi terancam kebanjiran.

Salah satu upaya menambah pendapatan dari ruko dilakukan perangkat Desa Sawo, Dukun. Mereka membangun pertokoan modern dengan bantuan perbankan. Pendapatan dari biaya sewa mencapai Rp 33 juta per bulan. Pembanguna­n ruko mengantark­an pasar tersebut sebagai tempat perbelanja­an tradisiona­l terbaik nomor 2 se-Jatim tahun ini. (hen/c16/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia