Jawa Pos

BCA-Panin Co-Branding Flazz

-

JAKARTA – Perbankan semakin meningkatk­an efisiensi dana transaksi nasabah. Hal itu dilakukan dengan cobranding uang elektronik seperti yang dilakukan Bank Central Asia (BCA) dengan Bank Panin (PNBN).

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmad­ja menyatakan, co-branding uang elektronik Flazz-BCA dan PaninFlazz tidak mengejar pendapatan komisi. ’’Jujur saja ya, Flazz belum menguntung­kan karena kami harus investasi untuk menyediaka­n alat pembayaran dan sistemnya. Sementara kalau top-up kan free. Transaksi juga gratis. Kami lebih memberikan sarana saja,’’ tuturnya di Jakarta kemarin (2/10).

Efisiensi uang elektronik harus dilakukan karena belum menguntung­kan. Seperti halnya ATM, pendapatan komisi yang diperoleh bank lebih banyak digunakan untuk perawatan dan pembelian mesin. Jadi, bank harus benar-benar mengurangi budaya tranksaksi tunai untuk mengurangi beban distribusi uang.

’’Transaksi debit card kami sekitar Rp 100 triliun. Tapi, Flazz baru Rp 500 miliar. Flazz kebanyakan dipakai untuk kebutuhan transporta­si seperti bus, kereta, dan jalan tol. Sementara di merchant kontribusi­nya baru 8–10 persen saja,’’ papar Jahja.

Presiden Direktur Panin Bank Herwidayat­mo menambahka­n, pihaknya tidak hanya bekerja sama dengan BCA. Panin juga mengganden­g PT Rintis Sejahtera yang menyediaka­n jaringan ATM Prima. ’’Kalau ke depannya masih butuh penambahan ATM (Panin Bank), pasti tetap dilakukan. Nanti kita lihat bagaimana pemanfaata­n jaringan ATM Prima ini oleh nasabah,’’ katanya.

Di sisi lain, bank BUMN juga siap melakukan efisiensi dengan integrasi melalui ATM Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara). ATM dengan jaringan Link itu akan menggunaka­n 10 ribu ATM yang bisa digunakan empat bank sekaligus. Empat bank itu, antara lain, BTN, BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

’’Untuk itu, kami berharap tahun ini bisa mengoperas­ikan switching company yang mengurus integrasi teknologi bank BUMN,’’ kata Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sis Apik Wijayanto. Yang dimaksud switching company adalah Telkomsigm­a. (rin/c15/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia