Jawa Pos

Terima Kasih Oezil!

-

RAZGRAD – Gol Mesut Oezil yang tercipta melalui aksinya yang memukau pada menit ke88 menjadi penentu sekaligus mengantark­an Arsenal lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Ke suksesan tersebut diraih setelah The Gunners menekuk tuan rumah Ludogorets Razgrad melalui laga dramatis yang berakhir dengan skor 3-2 kemarin (2/11).

Sejatinya, Arsenal di prediksi kembali berpesta seperti pertemuan pertama mereka (9/10) di Stadion Emirates. Saat itu, mereka menggulung Ludogorets dengan enam gol tanpa balas. Namun, pada matchday keempat ini, yang terjadi sungguh di luar dugaan.

Pada awal pertanding­an, pasukan Arsene Wenger itu malah digebuk dua gol oleh Jonathan Cafu dan Claudiu Keseru yang masingmasi­ng dicetak pada menit ke-12 dan ke-15. Gol balasan Arsenal lantas tercipta melalui Granit Xhaka (20’) dan Olivier Giroud (42’).

Kemenangan kali ini membuat Arsenal menjadi pemuncak klasemen grup A dengan torehan 10 poin. Unggul produktivi­tas gol ketimbang Paris Saint Germain (PSG) yang sama-sama lolos dari babak knockout dengan mengoleksi­10 poin. Sementara itu, Ludogorets berada di peringkat keempat dengan 1 poin. Poin yang sama dimiliki Basel di posisi ketiga lantaran lebih sedikit kebobolan.

Nah, Oezil memang layak menjadi man of the match kali ini. Gol miliknya tercipta setelah dia berhasil mengelabui kiper Milan Borjan dan melewati dua bek Ludogorets. Tembakan chip kaki kirinya langsung mengoyak sisi kanan gawang lawan.

Aksi gelandang asal Jerman itu sempat membuat Manajer Arsene Wenger ketir-ketir. Sebagaiman­a dilansir Goal, tindakan Oezil bisa berakibat fatal apabila tidak melalui pemikiran yang matang. ’’Menurut saya, itu (aksi Oezil, Red) bukan seperti solusi yang tepat. Tetapi, ketika bola masuk ke dalam gawang, saya pikir itu tepat,’’ ungkap Wenger.

Oezil ternyata berhasil membuktika­n bahwa kemampuann­ya telah menentukan kemenangan Arsenal. Manajer asal Prancis itu pun lantas memberikan pujian setinggi langit kepada Oezil. ’’Anda mungkin mengingink­an dia (Oezil) bisa menyelesai­kan peluangnya dengan lebih cepat. Ternyata, dia membuktika­n punya kemampuan yang hebat dan keputusann­ya tepat,’’ ungkap Wenger memuji.

Oezil tampil cemerlang selama musim ini. Pemain bernomor punggung 11 itu total telah membukukan tujuh gol. Empat di antaranya diciptakan dalam ajang Liga Champions. ’’Ini belum berakhir hingga ini (Liga Champions) selesai! Awal yang sulit, tetapi kebangkita­n yang hebat,’’ cuit Oezil di akun Twitternya setelah laga tersebut.

Kendati sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar, Arsenal masih harus menghadapi PSG pada 23 November untuk menentukan juara grup A dan Basel pada 6 Desember. Sebelumnya, The Gunners akan bertemu rivalnya dari London Utara, Tottenham Hotspurs, dalam lanjutan Premier League Senin (7/11).

Memang, musim ini menjadi musim terbaik Arsenal. Dalam 13 laga terakhir, Per Mertesacke­r dkk belum pernah terkalahka­n dengan catatan 10 kali kemenangan dan tiga kali ditahan imbang. Posisi mereka di klasemen Premier League kini berada di peringkat kedua, di bawah Manchester City.

Sementara itu, kegagalan Ludogorets tentu membuat Manajer Georgi Dermendzhi­ev kecewa. Bagaimana tidak, performa gemilang yang ditunjukka­n pasukan The Eagles ternyata tidak mampu menghalang­i laju klub asal London utara itu. ’’Kami sangat dekat untuk bisa seri. Arsenal adalah tim excellent,’’ ujar Dermendzhi­ev sebagaiman­a dilansir Eurosport. (okt/c5/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia