Jawa Pos

Riedl Akui Myanmar Tangguh

Sore Ini Jajal Calon Venue

-

JAKARTA – Pelatih tim nasional (timnas) Alfred Riedl berubah pikiran. Pernah menyebut duel melawan Vietnam (9/11) sebagai ujian terberat pasukannya, belakangan dia menganggap Myanmar yang akan dihadapi Boaz Solossa dkk besok (4/11) sebagai lawan yang lebih tangguh.

’’Berat karena berlangsun­g di kandang lawan. Bakal jadi pelajaran bagi mental pemain kami,’’ kata Riedl.

Untuk kali pertama setelah sanksi FIFA dicabut pada 16 Mei lalu, Garuda –sebutan timnas– akan melakoni laga di luar kandang. Setelah dijamu Myanmar besok, Garuda bakal berhadapan dengan tuan rumah Vietnam empat hari berselang (8/11).

Ralat dari Riedl itu bisa ditafsirka­n macam-macam. Mulai tergesa-gesanya melontarka­n pernyataan sampai minimnya pengetahua­n tentang calon lawan. Apa pun itu, harus diakui, Myanmar memang tangguh.

Dalam uji coba terakhir malawan Hongkong, Yan Aung Kyaw dkk yang digembleng lama di Jerman menghajar Hongkong 3-0. Bermain di kandang di hadapan pendukung yang militan, tim asuhan Gerd Zeise tersebut juga selalu bermain dengan motivasi dan tempo tinggi.

’’Mereka mempunyai persiapan yang panjang. Tidak akan mudah bagi kami untuk meraih hasil positif,’’ ujar Riedl.

Tapi, pelatih asal Austria itu menegaskan, hasil akhir bukan tujuan utama uji coba besok. Bagi dia, yang terpenting, para penggawa Garuda bisa secara konsisten menerapkan taktik yang telah disiapkan.

’’Selain untuk mengukur kekompakan tim, juga untuk pantau pemain mana yang lebih siap diberi kepercayaa­n sebagai starter,’’ kata Riedl.

Sementara itu, setelah melakukan perjalanan udara selama lebih dari lima jam, skuad Garuda baru tiba di Yangon tadi malam. Salah seorang bek timnas, Manahati Lestusen, kepada Jawa Pos mengatakan, rombongan sebelum nya transit di Bangkok, Thailand, selama beberapa jam.

Karena perjalanan yang lumayan melelahkan itu, pelatih langsung menginstru­ksi seluruh pemain masuk ke kamar hotel dan beristirah­at. Rencananya, sore ini tim yang sedang diproyeksi­kan tampil di Piala AFF 2016 itu menjalani latihan ringan.

Sekaligus menguji kualitas rumput di Thuwanna Ytc Stadium, Yangon, yang menjadi venue pertanding­an. ’’Pagi hari hanya ada program analisis rekaman pertanding­an lawan,’’ tegas Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas.

Laga melawan Myanmar tersebut akan menjadi uji coba internasio­nal ketiga bagi tim besutan Alfred Riedl itu. Sebelumnya, mereka berhasil menumbangk­an Malaysia (6/9) dan bermain imbang dengan Vietnam (9/10). (ben/c19/ttg)

 ?? MANAHATI LESTUSEN FOR JAWA POS ?? TIBA: Dari kiri, M. Abduh Lestaluhu, Rizky Pellu, Manahati Lestusen, Rizky Pora, dan Zulham Zamrun di Yangon kemarin.
MANAHATI LESTUSEN FOR JAWA POS TIBA: Dari kiri, M. Abduh Lestaluhu, Rizky Pellu, Manahati Lestusen, Rizky Pora, dan Zulham Zamrun di Yangon kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia