Jawa Pos

Catatan Buruk berkat Mantan

-

SAN ANTONIO – Utah Jazz memberikan pelajaran menyakitka­n untuk tuan rumah San Antonio Spurs kemarin. Bertanding di AT&T Center, Rudy Gobert dkk menggilas tuan rumah 106-91. Rekor panjang kemenangan Spurs di kandang sendiri tahun lalu gagal terulang.

Musim lalu, AT&T Center begitu menyeramka­n untuk lawan. Tim asuhan Gregg Popovich itu tercatat hanya tumbang sekali dalam total 41 pertanding­an seri reguler (40-1).

Musim ini, baru bertanding dua kali di kandang sendiri, Spurs sudah harus menelan pil pahit. Itu sekaligus menjadi kekalahan perdana Kawhi Leonard dkk musim ini (4-1). ’’Setiap kekalahan selalu mengecewak­an,’’ ucap Leonard sebagaiman­a dilansir Associated Press.

’’Saya kecewa dengan hasrat kami melakukan defense. Sejak kuarter pertama, energi kami tidak ada untuk melakukan itu,’’ tambah pemain 25 tahun tersebut.

Padahal, Leonard sudah melakukan segalanya. Total dia mengemas 30 poin, 7 rebound, dan 2 assist. Hal itu membuat Defensive Player of the Year dua musim terakhir tersebut selalu mencetak sedikitnya 20 poin dalam lima laga pertama Spurs. Power forward LaMarcus Aldridge dari paint area menambah 21 poin. Sayang, secara keseluruha­n, pemain Spurs kurang gereget. Tercatat, hanya dua pemain itu yang mengemas double-digit.

Bandingkan dengan Jazz. Ada empat pemain mereka yang mencetak double-digit. Yakni, George Hill, Rodney Hood, Trey Lyles, dan Shelvin Mack.

Hill yang merupakan mantan pemain Spurs menjadi bintang utama. Dia mencatatka­n diri sebagai penyumbang poin terbanyak dengan 22 angka. Setelah laga, Hill pun menyempatk­an diri memeluk erat Popovich, mantan pelatihnya. ’’ Pop ( sapaan Popovich, Red) adalah salah satu orang terbaik yang pernah hadir di hidupku,’’ ucap Hill.

Secara keseluruha­n, Jazz menghajar tuan rumah dengan akurasi tembakan. Mulai field goal secara keseluruha­n maupun akurasi tembakan tiga angka. Tim asuhan Quin Snyder itu tercatat membukukan field goal hingga 50 persen (38-76), sedangkan Spurs hanya 43,4 persen (33-76).

Dalam tembakan tiga angka, Jazz sebenarnya tidak terlalu istimewa dengan mencapai 48,4 persen (15-31). Namun, Spurs malah lebih buruk, hanya membukukan 30 persen (6-20). (irr/c5/ady)

 ?? RONALD CORTES/AFP PHOTO ?? DEFENSE SOLID: Power forward Utah Jazz Trey Lyles (kiri) dan David Lee (Spurs) berebut rebound dalam laga di AT&T Center kemarin WIB.
RONALD CORTES/AFP PHOTO DEFENSE SOLID: Power forward Utah Jazz Trey Lyles (kiri) dan David Lee (Spurs) berebut rebound dalam laga di AT&T Center kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia