Jawa Pos

Janji Pakai Cor agar Tahan Lama

-

KEPALA Satuan Kerja Perencanaa­n dan ’’ sistem drainase yang buruk. Kalau hujan, Pengawasan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan pasti aspal tergenang,’’ tuturnya.

Nasional (BBPJN) VIII Yudhi Widargo me- Padahal, menurut dia, jalan yang terlalu nyatakan, tahun depan pihaknya berencana lama tergenang air bisa merusak konstruksi memperbaik­i Jalan Kalianak. Lokasinya ’’ aspal. Jadi, aspalnya gembur. Kalau langberada di depan gudang nomor 51-55. sung dilalui kendaraan berat pasti retak, Panjangnya 2,3 kilometer. Rencananya, lalu berlubang,’’ jelas Yudhi. Karena itu, perbaikan menggunaka­n rigid pavement. BBPJN VIII bakal memperbaik­i Jalan Kali’’ Jadi tidak pakai aspal seperti biasanya. anak dengan rigid pavement.

Ini nanti jalannya dicor,’’ katanya. Dia menerangka­n, perbaikan jalan Yudhi tidak menampik bahwa kondisi dengan rigid pavement memang lebih Jalan Kalianak cepat rusak. Menurut dia, tahan lama. Namun, proses pengerjaan­nya ada banyak faktor yang menyebabka­n lama. Sebab, sebelum diaspal, konstruksi kerusakan jalan di sana. Salah satunya jalan harus dicor. Karena itu, pihaknya menyatakan telah berkoordin­asi dengan dinas perhubunga­n dan pihak kepolisian. Yudhi mengungkap­kan, dari hasil koordinasi pertama, pihak kepolisian tidak memberikan izin jika pengerjaan dilang’’ sungkan pagi sampai sore. Walau jalan hanya ditutup sebagian, dikhawatir­kan tetap macet,’’ katanya. Maklum, Jalan Kalianak memang jalur utama penghubung Surabaya–Gresik. Jalur lain hanya bisa ditempuh lewat tol.

Namun, menurut Yudhi, pengerjaan akan membutuhka­n waktu semakin lama jika hanya dikerjakan saat malam. Karena itu,

Jadi tidak pakai aspal seperti biasanya. Ini nanti jalannya dicor.” Yudhi Widargo Kepala Satuan Kerja Perencanaa­n dan Pengawasan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII

pihaknya berencana berkoordin­asi lagi dengan BBPJN VIII, dinas perhubunga­n, Polrestabe­s Surabaya, dan dinas pekerjaan umum bina marga. (rst/c15/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia