Jawa Pos

Enam Mahasiswa Unitomo Magang ke Jepang

-

SURABAYA – Sejak dibuka pada 1992, Sastra Jepang menjadi salah satu jurusan unggulan di Universita­s dr Soetomo (Unitomo). Perkembang­an pendidikan dan kompetensi mahasiswan­ya menjadi daya tarik asosiasi asing untuk menjalin kerja sama. Salah satunya adalah Japan Indonesia Program Akademik ( JIPA).

Penandatan­ganan nota kesepahama­n antara Unitomo dan JIPA berlangsun­g di auditorium RM Soemantri kemarin (2/11). Tujuannya, meningkatk­an kompetensi jurusan dan mahasiswa sastra Jepang di universita­s tersebut. ”JIPA punya concern untuk meningkatk­an kemampuan bahasa Jepang mahasiswa,” ujar Rektor Unitomo Dr Bachrul Amig.

Salah satu bentuk kerja sama itu, mengirimka­n beberapa maha- siswa sastra Jepang Unitomo untuk magang di Negeri Sakura tersebut. Selama satu tahun, mereka akan ditempatka­n di sektor-sektor pa- riwisata, khususnya perhotelan.

Tidakhanya­itu,JIPAjugaak­anmembantu Unitomo mengembang­kan Japan corner di kampus tersebut.

Direktur JIPA Etsuko Fukuoka menjelaska­n, pemilihan menjalin kerja sama dengan Unitomo berkaitan dengan kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Jepang. ”Kami tempatkan di perhotelan sesuai undang-undang di Jepang, magang harus linier dengan jurusan saat kuliah dan bahasa dekat dengan sektor pariwisata,” katanya.

Pada 11 November ada enam mahasiswa sastra Jepang Unitomo yang mulai magang di Jepang selama setahun. Rencananya, mereka ditempatka­n di dua hotel berbeda di Hokkaido.

Muhammad Haryo Bimo, salah seorang mahasiswa peserta magang ke Jepang, menyatakan bahwa mereka harus lulus Nouryokush­iken minimal level IV. Nouryokush­iken adalah TOEFL versi Jepang. (ant/c20/nda)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? UNGGULAN: Rektor Unitomo Bachrul Amiq (empat dari kiri) bersama Direktur JIPA Etsuko Fukuoka (tiga dari kanan) di Japan corner kampus tersebut.
DIPTA WAHYU/JAWA POS UNGGULAN: Rektor Unitomo Bachrul Amiq (empat dari kiri) bersama Direktur JIPA Etsuko Fukuoka (tiga dari kanan) di Japan corner kampus tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia