Jawa Pos

Optimalkan Performa Pemain Kunci

-

MENGEMAS babak utama dengan menyapu bersih tiga kali pertanding­an, laga fantastic four kali ini menjadi ambisi kemenangan tersendiri bagi SMP Petra 4 Sidoarjo. Tahun lalu mereka harus menelan kekalahan saat berhadapan dengan SMP Petra 3 Surabaya. Kali ini Petra 4 melawan SMP Santa Clara Surabaya (Sanclar). Tak mau terlalu menekan kesiapan fisik pemainnya, coach Petra 4 Andre Kurniawan memutuskan untuk lebih menjaga stamina tim asuhnya dengan latihan conditioni­ng. ”Pada fase ini, kami nggak mau terlalu memaksa fisik. Latihan kami fokuskan ke strategi sehingga anakanak lebih matang,” ujar Andre.

Dominasi pemain yang lebih matang dan skill individu yang rata membuat Andre optimistis timnya mampu mengantisi­pasi ritme permainan Sanclar. Andre bertumpu kepada sang kapten sekaligus guard Michelle Susanto yang diakuinya sebagai motor yang mampu mendongkra­k semangat tim. ”Saya nggak mau hanya bertumpu kepada beberapa pemain. Michelle mampu memengaruh­i teman-temannya, tapi nggak individu,” jelas Andre.

Berbekal kemampuan individu skuadnya, dalam laga nanti, Andre tak khawatir jika salah seorang pemain kuncinya harus dihalau. Andre memperkuat mental timnya dengan memperbany­ak game, termasuk tes one-on-one dengan dirinya. Selain itu, unggul pada sisi speed menjadi catatan bagi Andre dalam menerapkan ritme fast break untuk menghadapi Sanclar.

Di sisi lain, pembenahan dari segi defense menjadi evaluasi penting untuk skuad Sanclar. Sebab, beberapa kali peluang untuk mencetak poin setelah melakukan steal tidak dieksekusi dengan baik oleh Sanclar. Bertumpu kepada beberapa pemain kunci membuat stamina pemain Sanclar yang bermain hampir full quarter agak terkuras. Alhasil, beberapa peluang mencetak poin melalui fast break tidak mampu dimanfaatk­an dengan baik.

Bila kelemahan Sanclar saat defense dan rebound diperbaiki, pressing ketat dari lawan bisa diantisipa­si. Skuad Sanclar yang sering mengalami telat panas saat berada di lapangan harus diwaspadai coach Hudiono. Sebab, kesempatan melalui turnover pada awal kuarter dapat dimanfaatk­an Petra 4 dengan cepat. (ivm/c5/grc)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia