Jawa Pos

Proyeksi Defisit APBD 2017 Rp 3 T

-

GRESIK – Agenda efisiensi besarbesar­an APBD 2017 sepertinya hanya isapan jempol. Buktinya, dana kegiatan yang selama ini disebut sarat pemborosan masih tinggi. Selain itu, anggaran untuk membiayai para pejabat/pegawai masih lebih dari 50 persen. Dampaknya, estimasi defisit anggaran tahun depan tembus 6 persen. Padahal, idealnya, defisit APBD maksimal hanya 3 persen.

Fakta itu terlihat dari draf rancangan APBD (RAPBD) 2017 yang memasuki pembahasan awal. Jumlah pendapatan Gresik tahun depan diproyeksi­kan mencapai Rp 3,05 triliun. Namun, angka tersebut jauh dari rencana pengeluara­n daerah Rp 3,246 triliun. Artinya, terjadi defisit anggaran Rp 196,23 miliar atau 6 persen.

Mengapa defisit tinggi? Saat pendapatan tidak naik signifikan, jumlah pengeluara­n justru melesat jauh. Terutama yang bersentuha­n dengan kegiatan para pejabat/pegawai. Salah satunya adalah jatah kunjungan kerja (kunker)/perjalanan dinas.

Tahun depan eksekutif mengalokas­ikan dana Rp 68,6 miliar. Mayoritas dana itu digunakan untuk kebutuhan kunker para pejabat/ pegawai pemkab. ’’Proyeksiny­a sekitar 60 persen. Sisanya dialokasik­an untuk legislator,’’ ungkap salah seorang sumber di DPRD Gresik.

Total dana kunker tersebut naik jika dibandingk­an dengan tahun ini yang hanya Rp 63 miliar. Kenaikan itu rawan memicu kontrovers­i. Jatah dana kunker tahun ini saja sudah ’’disemprit’’ Pemprov Jatim. Oktober lalu pemprov mengevalua­si APBD 2016. Salah satu rekomendas­inya adalah penguranga­n dana kunker yang dianggap terlalu tinggi. Justru, tahun depan, dana kunker semakin tinggi.

”Memang, jika dicermati, kondisinya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Semangat efisiensi belum terlihat,” kata Mujid Riduan, anggota badan anggaran (banggar).

Dana belanja pegawai di lingkungan pemkab juga meningkat. Jika tahun ini mencapai Rp 889 miliar, tahun depan diproyeksi­kan naik Rp 995 miliar. Mayoritas dana digunakan untuk membayar gaji/tunjangan. Itu belum termasuk honor Rp 54 miliar. Selain itu, cukup banyak anggaran yang sarat pemborosan. Mulai makan-minum, pembelian fasilitas kantor, hingga kegiatan-kegiatan seremonial.

Anggota banggar lainnya, M. Syafi’AM, menyoroti tingginya jatah belanja pegawai. Menurut dia, hal tersebut tidak terlepas dari penambahan jumlah dinas. ”Namun, ini masih draf awal. Jadi, masih berpotensi berubah,” ucapnya. (ris/c18/ai)

 ?? ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia