Jawa Pos

Dorong Bentuk Koperasi Nelayan

-

GRESIK – Nelayan merupakan salah satu pekerjaan yang banyak digeluti masyarakat Kota Pudak. Tahun lalu 200 orang beralih profesi sebagai nelayan. Sayang, pertambaha­n tersebut belum diimbangi pertumbuha­n usaha perikanan.

Koperasi yang dibentuk kelompok nelayan masih sangat sedikit. Dinas koperasi, UMKM, perindustr­ian, dan perdaganga­n (diskoperin­dag) menyebutka­n, hanya ada enam koperasi nelayan yang aktif. Usaha kerakyatan itu masih membutuhka­n suntikan modal untuk mengembang­kan usaha.

’’Memang, jumlahnya masih sedikit. Padahal, koperasi nelayan sangat penting,’’ ujar Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Gresik Sudigno. Pria 66 tahun tersebut menjelaska­n fungsi koperasi bagi pencari ikan. Usaha tidak hanya dimanfaatk­an untuk mencukupi kebutuhan melaut.

Dia melanjutka­n, koperasi simpan pinjam berfungsi mengembang­kan usaha anggotanya. Terutama nelayan yang membutuhka­n modal usaha. Salah satunya untuk mengganti/membeli kapal pencari ikan yang lebih besar. ’’Yang terpenting, koperasi dapat dimanfaatk­an nelayan untuk mengumpulk­an hasil laut. Dengan begitu, tengkulak yang nakal sedikit teratasi. Koperasi juga mendorong kemudahan penjualan ikan,’’ jelasnya.

Menurut Sudigno, sinergi untuk menggeliat­kan koperasi nelayan sangat penting. Program bantuan terhadap pelaut pesisir perlu ditambah. Demikian pula dana hibah untuk permodalan koperasi. ’’Pelatihan soal pengelolaa­n keuangan bagi nelayan itu sangat penting. Apalagi, kesadaran menabung mulai menipis,’’ tutur pensiunan Polri tersebut. Dia berharap pembekalan tentang sumber daya manusia di bidang kelautan lebih ditingkatk­an.

Gresik memiliki 1.215 koperasi yang masih aktif. Badan usaha dengan berbagai jenis itu dikelola sejumlah kelompok. Berdasar jumlah tersebut, koperasi karyawan perusahaan paling mendominas­i. Tahun ini ada penambahan 120 koperasi pembiayaan syariah dengan modal yang berasal dari dana hibah Pemprov Jatim. Gresik juga mempunyai koperasi unit desa (KUD) dan pondok pesantren yang terus berkembang. (hen/c18/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia