Jawa Pos

Burger-Krawu Yummy dari Ontong

-

GRESIK – Tidak banyak orang yang bisa mengolah jantung pisang atau ontong. Di tangan enam mahasiswa manajemen Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia (UISI) Gresik, jantung pisang diolah menjadi lauk pada nasi krawu. Selain itu, ontong bisa menjadi alternatif meat beef pada burger. Dua menu itu dinamakan sego krawu dan burger jantung pisang.

’’ Bisnis ini memang berangkat dari tugas kuliah. Kami ditantang untuk membuat produk olahan dari bahan baku yang mudah didapat,’’ tutur Eka Nur Fadilah, salah seorang pencetus ide olahan jantung pisang (janpi).

Perempuan asal Kedanyang, Gresik, itu mengatakan bahwa jantung pisang sangat jarang diolah. Malah diabaikan atau dibuang. Melihat tekstur ontong yang berserat, Eka dan lima kawannya mengolahny­a menjadi lauk nasi krawu. Pembuatann­ya terbilang simpel.

’’ Ontong direbus kurang lebih satu jam, kemudian dimasak bersama bumbu krawu,’’ jelas Arifandi Tri Lesmana, anggota tim lainnya. Dua pekan setelah pembuatan krawu ontong, mereka menambah variasi menu lain. Yakni, burger jantung pisang. ’’ Krawu lebih lokal dan khas Gresik. Kalau burger peminatnya lebih luas. Terutama di kota-kota besar seperti Surabaya,’’ lanjut laki-laki yang akrab disapa Arif itu.

Inovasi krawu dan burger tersebut pun diharapkan bisa dinikmati penderita diabetes atau yang menerapkan pola makan vegetarian. ’’ Sejauh ini banyak yang bilang rasanya seperti daging. Nggak terlihat kalau itu dari ontong,’’ ucap Arif.

Kuncinya, pemilihan jantung harus benar. Eka menyatakan lebih cocok menggunaka­n jantung pisang kepok. Sebab, rasanya lebih manis dibandingk­an jenis pisang lain. Packaging pun dipikirkan dengan matang. Mereka memilih cup dengan tutup plastik transparan di bagian atas untuk wadah nasi krawu. ’’ Kemasan menarik membuat pelanggan tertarik membeli,’’ lanjutnya. (hay/c15/ai)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PENGGANTI DAGING: Anisa’ul Maghfiroh (kiri) membawa burger. Sementara Amalia Nur menunjukka­n nasi krawu.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PENGGANTI DAGING: Anisa’ul Maghfiroh (kiri) membawa burger. Sementara Amalia Nur menunjukka­n nasi krawu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia